Anies ajak setiap pemilih kawal suara di TPS

id Pemilu 2024,pilpres 2024,Kampanye anies ,Kampanye muhaimin ,Timnas AMIN ,Anies hari pencoblosan

Anies ajak setiap pemilih kawal suara di TPS

Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan, tiba di Markas Pemenangan Timnas AMIN di Jakarta, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Donny Aditra

Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan mengajak setiap pemilih yang sudah mencoblos dalam Pemilu 2024, mengawal suara di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Ia mengatakan bahwa kertas suara dari setiap masyarakat yang datang ke TPS harus dihormati dan dijaga, karena merupakan amanah atau aspirasi yang mereka berikan untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara ke depan.

"Mari hormati suara mereka, cara menghormatinya adalah dengan menjaga apa adanya. Bila memilih paslon nomor satu ya dijaga, bila memilih paslon dua jaga, paslon tiga juga dijaga. Mengapa? Karena itu adalah aspirasi masyarakat," kata Anies saat tiba di Markas Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan bahwa dirinya optimistis untuk memenangkan Pilpres 2024, karena masyarakat di seluruh Indonesia menginginkan perubahan.

Menurut dia, rakyat yg memiliki aspirasi perubahan makin hari makin terbuka, sehingga dukungan terhadap hal itu diyakini semakin besar.

"Masyarakat Indonesia menginginkan adanya kondisi hidup yang lebih baik, keluarga-keluarga yang ingin lebih baik, biaya pendidikan lebih murah, harga-harga murah dan lain-lain," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Namun Anies mengimbau kepada seluruh masyarakat, tim dan relawan agar bersabar dan tetap menahan diri untuk menunggu pengumuman hasil penghitungan suara yang dikeluarkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Pemilu 2024 meliputi pemilihan presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, anggota DPD RI, anggota DPRD provinsi, serta anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, terdapat enam partai politik lokal sebagai peserta yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Sedangkan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden diikuti tiga pasangan yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selaku nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan berlangsung mulai 15 Februari s.d. 20 Maret 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Anies ajak setiap pemilih kawal suara di TPS