Solok Selatan dorong UMKM terus tumbuh

id Umkm Solok Selatan,Berita solsel,Berita sumbar

Solok Selatan dorong UMKM terus tumbuh

Salah satu stan pameran produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di taman kota Solok Selatan dikunjungi masyarakat dan kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkab memperkenalkan produk UMKM ke khalayak ramai.Antara/Erik

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat terus mendorong agar pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terus tumbuh sebab memiliki potensi besar dalam mengembangkan perekonomian daerah.

"Pemerintah sudah memfasilitasi UMKM untuk berkembang dan diharapkan bisa menimbulkan efek domino pada ekonomi daerah," kata Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Rabu.

Dia mengatakan, pelaku UMKM jangan cepat berpuas diri dan harus bisa terus berinovasi dan merambah ke pasar yang lebih luas serta tingkatkan kualitas produk.

Salah satu upaya untuk mendorong berkembangnya UMKM dilakukan oleh Pemkab Solok Selatan saat peringatan ulang tahun daerah.

HUT Kabupaten katanya, dijadikan sebagai ajang untuk mempromosikan produk UMKM lokal.

Dalam HUT Kabupaten Solok Selatan ke-20 tahun ini, pemerintah menyelenggarakan peran UMKM serta Lomba UMKM Inspiratif.

Menurut dia, dengan adanya even-even yang dilaksanakan akan mengundang banyak orang untuk berkunjung yang otomatis juga akan menggenjot perekonomian UMKM.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM Akmal Hamdi menyebutkan dalam pameran kali ini terdapat 17 UKM yang terlibat serta 44 peserta Lomba UMKM Inspiratif yang ikut serta.

"UMKM yang ikut dalam pameran saat ini adalah UMKM yang sudah naik kelas dalam artian yang sudah memenuhi standar dan menembus pasar yang lebih luas," katanya.

Kriteria UMKM yang terlibat dalam pameran ini yaitu sudah memiliki standar yang ditetapkan, memiliki izin NIB, sertifikasi halal, dan izin PIRT dari Dinas Kesehatan.

"Jadi UMKM yang sudah ikut pameran sudah memenuhi standar untuk bisa proses edar," katanya.