Polres Pasaman Barat lakukan sterilisasi gereja pastikan keamanan

id Sterilisasi keamanan gereja

Polres Pasaman Barat lakukan sterilisasi gereja pastikan keamanan

Polres Pasaman Barat bersama Brimob saat melakukan sterilisasi sejumlah gereja dalam rangka pengamanan perayaan Natal 2023, Sabtu (23/12/2023).Antara/Altas Maulana.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kepolisian Resor(Polres) Pasaman Barat, Sumatera Barat(Sumbar) melakukan sterilisasi sejumlah gereja menggunakan alat metal detektor dan mirror set untuk memastikan keamanan dan kelancaran ibadah Natal 2023 dan tahun baru 2024.

"Kita melakukan sterilisasi bersama anggota Brimob dengan menyisir bangunan gereja dan halaman bangunan itu untuk memastikan keamanannya," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki melalui Kepala Bagian Ops Polres Pasaman Barat Kompol Muzhendra di Simpang Empat, Sabtu.

Ia mengatakan puluhan personel gabungan itu melakukan pengecekan bangunan gereja, dalam dan luar gereja untuk memastikan dari berbagai ancaman nantinya.

Dengan menggunakan sejumlah hand metal detektor dan mirror set, polisi menyisir bagian yang dinilai rawan ancaman.

Dalam penyisiran itu polisi juga didampingi langsung oleh pengurus dan pendeta di gereja itu.

Kepala Bagian Ops Pasaman Barat Kompol Muzhendra mengatakan sterilisasi dilakukan di gereja sebagai wujud pengamanan selama Natal 2023 dan tahun baru 2024..

"Semua gereja yang diperiksa dinyatakan aman dan bisa menjalankan tahapan ibadah dengan nyaman," katanya.

Ia menyebutkan di Pasaman Barat ada 22 gereja yang akan melakukan ibadah Natal. Gereja itu tersebar di Kecamatan Pasaman, Luhak Nan Duo dan Kecamatan Kinali.

Ia mengajak masyarakat saling berkoordinasi dan saling menghormati agar pelaksanaan ibadah Natal berjalan aman dan lancar.

Salah seorang pendeta di Pasaman Barat Roy Hendra Hasibuan mengatakan sejauh ini kondisi tahapan perayaan natal berjalan aman dan kondusif.

"Koordinasi dengan pihak kepolisian juga berjalan dengan baik dan selalu hadir memberikan rasa aman," katanya.

Baca juga: Polda: Pelaksanaan ibadah Natal di Sumbar berjalan lancar