Jalur Bukittinggi-Medan terhenti akibat lima titik longsor

id longsor bukittinggi,berita bukittinggi,berita sumbar

Jalur Bukittinggi-Medan terhenti akibat lima titik longsor

Kapolsek Palupuh Polresta Bukittinggi, Iptu Rommy saat memberikan keterangan kemacetan total di jalur Bukittinggi-Medan karena terjadinya musibah longsor (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Jalan lintas Sumatera Barat menuju Sumatera Utara di jalur Bukittinggi-Medan kembali terhenti akibat adanya lima titik longsor yang terjadi di daerah Palupuh, Kabupaten Agam, Kamis.

"Kami laporkan ada lima titik longsor yang mengakibatkan jalan macet total tidak bisa dilalui kendaraan baik dari arah Bukittinggi menuju Pasaman dan Medan juga sebaliknya," kata Kapolsek Palupuh, Iptu Rommy Hendra Kurniawan.

Salah satu titik longsor terbesar berada di Jorong Muaro, Kenagarian atau Desa Bukit Rantang, Palupuh. Puluhan kendaraan tampak terjebak di sekitar lokasi.

"Saat ini terjadi antrian kendaraan yang tidak bisa melewati jalan, baik kendaraan roda dua atau roda empat, banyak dari mereka yang memutar balik arah kendaraannya," kata dia.

Ia mengatakan proses evakuasi material longsor dilakukan oleh satu alat berat yang didatangkan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

"Kami minta warga dan pengguna jalan bersabar hingga proses evakuasi selesai dilakukan, petugas kepolisian juga berada di lokasi untuk penertiban arus dan pengamanan," kata Rommy.

Ia menambahkan longsor terjadi karena curah hujan yang tinggi di Rabu (13/12) malam hingga masyarakat diminta selalu waspada dengan kondisi terkini.

"Jalanan licin dan waspadai sisa longsoran yang mungkin saja terjadi turun ke pemukiman atau jalan raya, selalu hati-hati," pungkasnya.