466 penghafal Quran di Kota Solok ikuti wisuda tahfiz

id Sebanyak 466 orang, penghafal Quran, Kota Solok, ikuti acara, wisuda tahfiz

466 penghafal Quran di Kota Solok ikuti wisuda tahfiz

Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra saat menasangkan medali penghargaan ke salah seorang peserta wisuda tahfiz Quran Kota Solok, Sumatera Barat (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Solok (ANTARA) - Sebanyak 466 orang hafiz dan hafizah di Kota Solok, Sumatera Barat diwisuda oleh Wali Kota Solok Zul Elfian Umar pada wisuda tahfiz Quran Kota Solok ke-53 tahun 2023 di Gedung Kubuang Tigo Baleh Kota Solok, Sabtu.

“Kami bangga dengan cukup tingginya animo masyarakat Kota Solok menjadi hafiz dan hafizah," kata Wali Kota Zul Elfian Umar.

Wali Kota Solok juga mengucapkan selamat kepada para hafiz dan hafizah yang berhak diwisuda menjadi tahfiz Quran. "Jangan sampai berhenti mempelajari Al Quran, namun terus pelajari dan mengamalkannya dalam kehidupan," katanya.

Ia juga menyampaikan para orang tua harus berbangga, karena telah melahirkan anak-anak yang qurani. Ini merupakan modal awal bagi anak-anak mengarungi kehidupan sehingga dapat selamat dalam hidup di dunia dan akhirat.

"Semua ini sungguh sangat bermakna karena warga kota sangat respek terhadap kegiatan ini," ujar dia.

Bagaimanapun respons yang telah diperlihatkan oleh para hafiz dan hafizah adalah ikut serta mewujudkan Kota Solok selaku Kota Beras Serambi Madinah.

Zul berharap kegiatan ini dapat dijadikan pemicu semangat untuk lebih giat lagi dalam menghapal Al Quran di tempat masing-masing karena bagaimanapun menghapal Al Quran haruslah dilakukan secara terus menerus agar hafalan tetap terjaga.

"Bukan hanya gigih menghafal di saat ada momen yang menjanjikan reward saja," kata dia.

“Dalam kesempatan pelaksanaan wisuda hafiz dan hafizah yang insya Allah penuh berkah ini, Saya mengajak kita semua untuk mencapai cita-cita bersama dalam memajukan Kota Solok selaku Kota Beras Serambi Madinah," kata dia menambahkan.

Kabag Kesra Kota Solok Feri Hendria menyebutkan dari total 340 hafiz dan hafizah, 126 orang kategori satu juz, 83 orang kategori dua juz, 52 orang kategori tiga juz, 28 orang kategori empat juz, 30 orang kategori lima juz, 12 orang kategori 10 juz, lima orang kategori 15 juz, tiga orang kategori 20 juz, dan satu orang kategori 30 juz.

Ketua Kantor Kementerian Agama Kota Solok Mustafa sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dengan adanya hafiz dan hafizah menjadikan Kota Solok jauh dari mara bahaya dan selalu menjadi kota yang diberkahi oleh Allah SWT.