Petugas UKL Dukcapil Batang Kapas Pesisir Selatan serahkan akta kelahiran terhadap anak baru lahir

id UKL Dukcapil Batang Kapas Pesisir Selatan ,berita pessel,berita sumbar

Petugas UKL Dukcapil Batang Kapas Pesisir Selatan serahkan akta kelahiran terhadap anak baru lahir

Petugas UKL Dukcapil Batang Kapas Pesisir Selatan serahkan akta kelahiran terhadap Anak Baru Lahir

Painan (ANTARA) - Petugas Unit Kerja Lapangan (UKL) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menyerahkan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) baru lahir di Nagari Koto Nan Tigo IV Koto Hilile, dan Nagari Taluak.

Penyerahan dokumen dalam bentuk akta kelahiran, KIA dan kartu keluarga (KK) baru itu, dalam rangka mensukseskan program pelayanan berputar Salam Sapa Ke Pintu Rumah melalui layanan inovasi selamat lahir.

Hal ini disampaikan staf UKL Dinas Dukcapil Kecamatan Batang Kapas, Yurli Herawati, dengan didampingi Yelfina, Selasa (7/11).

Dia mengatakan bahwa baru saja melakukan inovasi layanan selamat lahir dengan dengan cara langsung menyerahkan dokumen kependudukan baru kepada masyarakat yang baru melahirkan di praktek bidan mandiri di dua nagari itu.

"Penyerahan langsung dokumen kependudukan kepada warga ini merupakan wujud inovasi layanan selamat lahir bekerja sama dengan Bidan Praktek Mandiri (BPM) di dua nagari itu," katanya.

Karena adanya laporan dari bidan bahwa ada keluarga yang melahirkan di Nagari Koto Nan Tigo IV Koto Hilile, dan Nagari Taluk, sehingga UKL Dinas Dukcapil Batang Kapas bisa menerbitkan akta kelahiran, KIA dan KK baru tersebut.

"Berbagai dokumen itu langsung kami antarkan ke rumah Pasien dengan didampingi oleh bidan yang bersangkutan. Kami berharap masyarakat benar-benar terbantu dengan pelayanan ini. Sebab mereka tidak harus datang ke kantor UKL Dukcapil ataupun ke Dinas Dukcapil di Painan," ujarnya.

Kepala Dinas Dukcapil Pessel, Evafauza Yuliasman, ketika dihubungi mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengupayakan kemudahan pelayanan membahagiakan terhadap masyarakat.

"Salah satunya dengan inovasi selamat lahir melalui kerja sama praktek bidan mandiri di semua nagari di daerah ini," timpalnya.