Pertama di Pasbar, Dispar bakal gelar Festival Paralayang Puncak Marando (Video)

id Dispar pasbar,berita pasbar,berita sumbar,Dinas Pariwasata Pasaman Barat ,The Land Of Adventure

Pertama di Pasbar, Dispar bakal gelar Festival Paralayang Puncak Marando (Video)

Tim Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Indonesia saat mengadakan latihan paralayang di Puncak Marando Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas Pasaman Barat. Antara/HO-Dispar Pasaman Barat.

Simpang Empat (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat akan mengadakan Festival Puncak Marando di Air Bangis dengan pengenalan olah raga berbasis alam berupaya paralayang dan kegiatan lainya dalam rangka pengenalan potensi wisata, sport tourism, budaya dan ekonomi kreatif.

"Festival Puncak Marando itu direncanakan diadakan pada 5 sampai 12 November 2023 nanti. Kegiatan ini bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Indonesia," kata Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat Decky H Saputra di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan Festival Puncak Marando itu akan menghadirkan 50 peserta pilot paralayang Sumatera Barat.

Selain itu, juga akan ada bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pasar kuliner, ekonomi kreatif dan penampilan seni budaya lokal yang ada di Pasaman Barat.

"Kita juga melibatkan penggiat, pemuda Air Bangis, kelompok sadar wisata (pokdarwis) dan KONI Pasaman Barat sehingga potensi pariwisata Pasaman Barat khususnya Air Bangis akan semakin dikenal," katanya.

Selain itu tujuan diadakannya festival yang dipusatkan di RTH Air Bangis itu tentu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata.

"Mulai dari olahraga dirgantara pariwisata (sport torism), UMKM, Ekraf, seni dan budaya akan tampil dan akan semakin dikenal," sebutnya.

Pihaknya juga berkolaborasi dan bersinergi dengan sejumlah pihak untuk menyukseskan pelaksanaan Festival Puncak Marando itu.

Ia menyebutkan Puncak Marando terletak di Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas dengan memiliki bukit yang dapat terus dikembangkan sarana prasarananya sebagai destinasi untuk atlet profesional maupun bagi para pecinta olahraga dirgantara.

"Secara bertahap terus kami kembangkan destinasi di Puncak Marando ini. Tempat ini sangat layak dijadikan spot take off olahraga paralayang dan wisata” ujarnya.

Dengan pengembangan olahraga dan hobi paralayang di Puncak Marando maka diharapkan dapat menggerakkan ekonomi masyarakat sekitarnya.

Ia menambahkan tidak semua gunung dan bukit di Pasaman Barat bisa digunakan untuk lokasi paralayang. Sementara, Puncak Marando memiliki potensi itu dan sudah sering diadakan latihan bersama atlet paralayang yang ada.

"Puncak Marando sendiri memiliki bukit yang luar biasa, anginnya pas, tempat "landing" bagus. Selain itu juga memiliki pemandangan indah karena dekat dengan pantai Air Bangis yang menjadi salah satu destinasi wisata di Pasaman Barat," sebutnya.

Ia menilai potensi Pasaman Barat sangat luar biasa bidang pariwisata, selain memiliki laut, pulau, danau, gunung, goa, belasan sungai, ratusan air terjun dan lainnya.

Dengan potensi tersebut pengembangan pariwisatanya Dinas Pariwasata Pasaman Barat mengusung tema "The Land Of Adventure" atau negeri petualangan.

"Kita akan terus berinovasi, bersinergi dengan berbagai pihak untuk memajukan pariwisata Pasaman Barat sehingga nantinya Pasaman Barat akan dikenal dan dikunjungi oleh wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara," ujarnya. ***1***