Mahasiswa arsitek UBH kuliah di pabrik semen Indarung I

id Indarung I, cagar budaya, warisan dunia, pabrik Indarung I

Mahasiswa arsitek UBH kuliah di pabrik semen Indarung I

Mahasiswa Universitas Bung Hatta melaksanakan kuliah di kawasan pabrik Indarung I yang dibangun pada masa Kolonial Belanda 1910. ANTARA/HO-Humas Semen Padang

Padang (ANTARA) - Mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Bung Hatta (UBH), Kota Padang, Sumatera Barat melaksanakan kuliah di kawasan Indarung I yang dibangun pada 1910 dan menjadi pabrik semen tertua di kawasan Asia Tenggara.

"Pabrik Indarung I ini sangat potensial dijadikan media pembelajaran arsitektur bagi mahasiswa," kata dosen pengampu Program Studi Arsitektur Universitas Bung Hatta Al Busyra Fuadi di Padang, Selasa.

Fuadi mengatakan sengaja mengajak mahasiswa untuk kuliah di kawasan pabrik peninggalan Kolonial Belanda tersebut. Tujuannya, agar mahasiswa bisa melihat langsung bentuk, mesin-mesin dan merasakan suasana ruang pabrik Indarung I secara langsung.

"Selain itu, kita juga ingin berkontribusi bagi PT Semen Padang terkait pengusulan Indarung I menjadi world heritage," katanya.

Salah satu materi yang diajarkan di kawasan pabrik Indarung I yakni pembuatan sketsa. Para mahasiswa diarahkan untuk membuat sketsa. Harapannya, mahasiswa memahami pembelajaran tentang menggambar sketsa, dan bisa merasakan ruang di dalam bangunan.

Salah seorang mahasiswa Program Studi Arsitektur Universitas Bung Hatta, Riko Andika Putra, mengaku senang bisa berkesempatan mengikuti perkuliahan di pabrik Indarung I PT Semen Padang.

"Senang sekali bisa belajar dan dapat melihat langsung bentuk pabrik Indarung I PT Semen Padang ini," kata dia.

Sementara itu, Kepala Unit Humas dan Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati mengatakan Indarung I merupakan pabrik semen pertama di Asia Tenggara, dan telah ditetapkan Kemendikbudristek sebagai kawasan cagar budaya nasional. Bahkan, saat ini sedang diusulkan menjadi world heritage ke Unesco.

"Arsip Indarung I telah ditetapkan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai memori kolektif bangsa dari ANRI pada 23 Mei 2023. Kami juga sedang mengupayakan arsipnya dijadikan sebagai memory or the world," kata Anita.

Terkait perkuliahan yang dilaksanakan Universitas Bung Hatta di kawasan pabrik Indarung I, Anita mengatakan perusahaan itu siap mendukung kegiatan di cagar budaya Indarung I, terutama yang bersifat edukasi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mahasiswa arsitek UBH kuliah di pabrik semen tertua Asia Tenggara