Bupati Rusma Yul Anwar lepas peserta gerak jalan santai Komunitas Gerkatin

id Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar ,berita pessel,berita sumbar

Bupati Rusma Yul Anwar lepas peserta gerak jalan santai Komunitas Gerkatin

Bupati Rusma Yul Anwar lepas peserta gerak jalan santai Komunitas Gerkatin (ANTARA/HO-Pemkab Pessel)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar melepas Gerak Jalan Santai Komunitas Gerakan Kesejahteraan untuk Tuna Runggu Indonesia (Gerkatin) Kabupaten Pesisir Selatan dalam rangka memperingati Hari Bahasa Isyarat Internasional (BSII), Minggu (24/9) di halaman kantor bupati setempat.

Gerak jalan santai itu mengangkat tema " Sebuah Dunia Tempat Orang Tuli Bisa Berbahasa Isyarat Dimana Saja". Kegiatan tersebut diikuti Perwakilan Gerkatin Lintas Internasional dari Negara Jiran Malaysia sebanyak 3 orang.

Sebelum melepas rombongan Gerak Jalan Santai tersebut, Bupati Pesisir Selatan, Rusma Anwar menyampaikan sambutan dibantu oleh Juru Bahasa Isyarat (JBI) atau Deaf Interpreter.

Disebutkan , bahwasanya memperingati Hari Bahasa Isyarat Internasional (BSII) ini bertujuan agar para difabel khususnya Tuna Runggu bisa mendapatkan hak yang sama seperti masyarakat lainnya.

Salah satunya mendapatkan Informasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya bahasa Isyarat. Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berupaya menghilangkan stigma.

" Ya, perbedaan antara saudara-saudara yang di fabel dan Non Fabel, bagaimanapun juga di Fabel tersebut mempunyai banyak kelebihan dan kapasitas sehingga juga sama dengan kita sebagai sebagai warga Negera Indonesia dalam mendapatkan hak-haknya," kata bupati.

Setelah pelaksanaan Gerak Jalan Santai Bupati Rusma Yul Anwar mengajak Kelompok Gerakan Kesejahteraan Untuk Tuna Rungu Indonesia (Gerkatin) makan siang bersama di rumah dinas bupati setempat.