Akademisi: Workshop desain poster untuk susun strategi Pimnas 2023.

id PIMNAS 2023, universitas Andalas

Akademisi: Workshop desain poster untuk susun strategi Pimnas 2023.

Mahasiswa Kebidanan Unand mengikuti workshop tahap lima tentang desain poster yang bertujuan untuk menyusun strategi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2023. (Antara/HO-Ist).

Padang (ANTARA) - Kepala Departemen Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Yulizawati mengatakan workshop tahap lima tentang desain poster bertujuan untuk menyusun strategi pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat (PKM) menuju Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2023.

"Mahasiswa Departemen Kebidanan Fakultas Universitas Andalas saat ini sedang menyiapkan diri mengikuti Penilaian Kemajuan Pelaksanaan PKM dan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKP2 PKM-PM)," kata Kepala Departemen Kebidanan Universitas Andalas Yulizawati di Padang, Jumat.

Sebagai bentuk persiapan tersebut, mahasiswa Kebidanan Unand mengikuti workshop desain poster. Materi dengan judul "Desain Poster Akademik Yang Menarik" itu diberikan langsung oleh Benny Hidayat di Ruang Seminar PKM Unand.

Dalam paparan materinya, dijelaskan bahwa poster merupakan gambar atau karya grafis yang dirancang untuk menyampaikan pesan atau informasi tertentu kepada orang melalui media cetak atau digital.

Tujuan utamanya untuk menarik perhatian orang dan menyampaikan pesan dengan jelas. Beberapa ciri poster akademik ialah memiliki judul yang jelas, nama penulis atau peneliti harus tercantum, dan abstrak yang singkat.

Kemudian, ciri lainnya yaitu memiliki ilustrasi atau diagram, penjelasan singkat tentang metode penelitian atau pendekatan, mempunyai beberapa kesimpulan, daftar pustaka, desain bersih dan teratur, ukuran yang sesuai, font yang mudah dibaca, warna yang tepat, gambar atau data, serta penulis poter harus siap menjelaskan dan membahas penelitiannya.

Selain itu, dalam materinya, mahasiswa juga diingatkan beberapa hal yang harus dihindari misalnya gambar buram, ukuran yang terlalu kecil, dan terlalu banyak gambar.

Untuk memudahkan pembuatan poster, pemateri menyarankan mahasiswa menggunakan beberapa website dan aplikasi misalnya Freepik untuk foto, gambar, ilustrasi, background dan lain sebagainya.

Pada saat pemaparan materi juga ditayangkan beberapa poster yang sudah lulus Pimnas 2022.

Pada kesempatan itu, pemateri juga menjawab beberapa pertanyaan salah satunya terkait kesalahan yang banyak terjadi pada poster penyelenggaraan Pimnas 2022.

Kesalahan yang dominan pada Pimnas sebelumnya yakni kebanyakan isi dari poster tidak mencankup kegiatan apa saja yang telah dilakukan. Kemudian foto yang ditampilkan kurang menarik, terlalu banyak tulisan, dan penyesuaian poster.

"Ini menjadi pembelajaran bagi mahasiswa untuk menyiapkan poster dalam menghadapi kegiatan PKP2," ujar Yulizawati.