Rombongan pesepeda pembawa pesan lingkungan lintasi Pasaman

id Pesepeda pembawa pesan lingkungan,Kick off the rising tide A tesonance 2023

Rombongan pesepeda pembawa pesan lingkungan lintasi Pasaman

Penyambutan Team Kick off the Rissing Tide - A Tesonance 2023 oleh Bupati Pasaman Benny Utama di halaman kediaman Rumah Dinas Bupati Pasaman, Sabtu (16/9/2023). Antara/Altas Maulana.

Lubuksikaping,- (ANTARA) - Rombongan pesepeda pembawa pesan lingkungan team l Kick off the Rissing Tide- A Tesonance 2023 melintasi daerah Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Sabtu.

Kick off the Rissing Tide - A Tesonance 2023 merupakan tim Pembawa pesan tentang lingkungan yang digagas dan dibentuk oleh Panglima TNI dalam rangka penyampaian pesan kepada seluruh masyarakat Indonesia tentang pentingnya lingkungan yang harmoni dan bebas dari segala bentuk pencemaran dengan tagline "Stop Wariskan Sampah".

Ketua gerakan pembawa pesan lingkungan Muriansyah mengatakan gerakan ini ingin mengingatkan bahwa ada urgensi terkait lingkungan yang ada di Indonesia saat ini.

"Tim yang dilibatkan sebanyak tujuh orang personil, terdiri dari unsur Angkatan Udara dua orang , Angkatan Laut dua orang dan Angkatan Udara tiga orang, serta ditambah tim pendukung total ada 28 orang," katanya.

Ia mengatakan jarak tempuh yang dilalui tim pesepeda ini mulai dari Sabang sampai Jakarta sebanyak 3.141 kilometer. "Kegiatan ini menunjumkan kesungguhan hati untuk menyampaikan pesan yaitu stop warisan sampah."

"Tadi dengan mengendarai sepeda, rombongan berangkat dari perbatasan sampai ke pusat Kota Lubuk Sikaping yang menempuh jarak sepanjang lebih kurang 65 Kilometer. Di sepanjang perjalanan ini, kami mendorong adanya kerja sama dari unsur pimpinan daerah yang dipimpin oleh TNI, dengan kepolisian dan juga masyarakat pada umumnya untuk lestarikan lingkungan," katanya.

Ia berharap sepanjang perjalanan dari Sabang sampai Jakarta, mendorong adanya industri kreatif berbasis daur ulang dapat tumbuh sepanjang rute tersebut, seperti pakaian yang dikenakan tim merupakan hasil daur ulang sampah plastik yang di kumpulkan tahun lalu.

"Guna mendukung gerakan tersebut juga melibatkan kaum muda sebanyak 40 persen yang terdiri dari anak anak yang masih kuliah dan yang baru saja tamat kuliah. Seluruhnya berasal dari tempat yang berbeda diantaranya ada yang berasal dari Bali, Tulung agung, Malang, Surabaya, Medan dan termasuk berasal dari padang," jelasnya.

Team Kick off the Rissing Tide - A Tesonance 2023 tersebut juga disambut dan dilepas keberangkatanya oleh Bupati Pasaman Benny Utama di halaman kediaman Rumah Dinas Bupati Pasaman.

Benny Utama mengucapkan selamat datang di Kabupaten Pasaman pada rombongan.

"Kehadiran seluruh team ke Pasaman merupakan sebuah kebanggaan bagi pemerintah dan masyarakat Pasaman, yang selama ini kebersihan lingkungan Pasaman khususnya Lubuk Sikaping selalu terjaga," katanya.

Dengan adanya inovasi pengolahan sampah menjadi barang yang bisa dipakai selain menambah sumber ekonomi bagi masyarakat juga dapat mengurangi biaya transportasi sampah ke pembuangan akhir, katanya.

Rute yang ditempuh oleh team Kick off the Rissing Tide - A Tesonance 2023 Melewati Kecamatan Rao, Padang gelugur, Panti, Lubuk Sikaping, Bonjol, Simpati, dan Tigo Nagari, yang nantinya dilanjutkan ke Kota Padang