Peringati Hari Radio ke-78, RRI Bukittinggi luncurkan Programa 4

id RRI Bukittinggi, Programa 4 RRI Bukittinggi,berita bukittinggi,berita sumbar,Hari Radio ke-78

Peringati Hari Radio ke-78, RRI Bukittinggi luncurkan Programa 4

Penyulutan Obor Try Prasetya RRI oleh Kepala LPP RRI Bukittinggi, Yulian S. Saaba saat peringatan Hari Radio ke-78 (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) memperingati Hari Radio ke-78 bersama Forkopimda dan instansi di daerah setempat, dalam momen itu LPP RRI meluncurkan saluran baru Programa 4.

"RRI Bukittinggi meliputi wilayah kerja sebesar 35 persen daerah Sumatera Barat dengan delapan kabupaten kota, RRI Programa 4 hadir bertepatan di Hari Radio ke-78 dan logo baru RRI secara nasional," kata Kepala LPP RRI Bukittinggi, Yulian S. Saaba, Senin.

Peringatan Hari Radio di RRI Bukittinggi ditandai dengan penyulutan Obor Tri Prasetya RRI secara khidmat.

Yulian mengatakan Programa 4 diharapkan dapat membantu dalam mengangkat adat dan budaya Minangkabau yang merupakan bagian integral dari identitas daerah Sumatera Barat.

"Dengan dua pemancar utama di Gunung Singgalang, selain wilayah kerja kami di Tanah datar, Agam, Padang Panjang, Pasaman, Pasaman Barat, Bukittinggi, Limapuluh Kota dan Payakumbuh, siaran juga dapat diterima di daerah blankspot hingga Mentawai," kata Yulian.

Menurutnya, Programa 4 ini khusus ditujukan untuk menyiarkan nuansa budaya. Programa ini berbeda dengan Programa 1 dan Programa 2 yang telah ada sebelumnya.

“Programa 4, atau yang biasa disebut Pro4, ditujukan kepada pendengar berusia 23 tahun hingga 40 tahun ke atas, masyarakat dapat menikmati Programa ini melalui frekuensi 88,9MHz,” ujarnya.

Ia menegaskan LPP RRI berkomitmen memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat bersama mitra dari seluruh pemerintah daerah dan instansi di Sumbar.

"RRI terus mendedikasikan perannya sebagai media publik milik bangsa dengan menyajikan informasi dan komunikasi yang terverifikasi dan terpercaya melalui program siaran yang mengedukasi memginspirasi serta menghibur," katanya.

Ketua Panitia Hari Radio di LPP RRI, Elmar mengatakan serangkaian kegiatan telah digelar untuk memeriahkan Hari Radio ke-78.

"Antaranya permainan rakyat dan senam antar karyawan yang bersifat membina silaturahmi, juga anjangsana ziarah ke makam sejumlah pensiunan yang sudah wafat," kata dia.

Kegiatan Hari Radio ke-78 di Bukittinggi berlangsung meriah dengan dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta dinas instansi terkait lainnya yang berada di wilayah kerja RRI Bukittinggi.

"Peringatan Hari Radio ke-78 mengangkat tema "Transformasi Multy Platform untuk Indonesia Maju", ini terkait dengan semakin pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang melahirkan perubahan atau pembaruan di berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali bidang media penyiaran," pungkasnya.