Polres Solok berikan pelayanan antar jemput murid ke sekolah

id Polres Solok, berikan pelayanan, antar jemput murid, ke sekolah

Polres Solok berikan pelayanan antar jemput murid ke sekolah

Salah seorang murid tengah bersalaman dengan petugas kepolisian, Satlantas Polres Solok saat memberikan pelayanan antar jemput murid ke sekolah (ANTARA/HO-Humas Polres Solok)

Solok (ANTARA) - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Solok melakukan terobosan dengan memberikan pelayanan mengantar serta menjemput murid-murid yang berasal dari keluarga kurang mampu, tidak memiliki kendaraan, termasuk karena akses yang jauh dari sekolah.

"Layanan antar jemput bagi anak sekolah ini kita lakukan terhadap mereka yang berdomisili di sekitar Lubuk Lasih, Nagari Batang Barus,” kata Kapolres Solok AKBP Muari melalui Kasat Lantas AKP Dian Jumes Putra di Arosuka, Sabtu.

Antar jemput murid tersebut diperuntukkan bagi anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu, tidak memiliki kendaraan, termasuk karena akses yang jauh dari sekolah.

"Intinya, petugas memberikan pelayanan bagi murid-murid yang membutuhkan," ujar dia.

Dian juga mengatakan bahwa pelayanan antar jemput anak sekolah tersebut telah dilakukan setiap hari untuk 20 anak sekolah. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada para orang tua saat anak-anak mereka hendak bersekolah.

"Program ini memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelajar yang selalu gusar ketika berangkat sekolah, lantaran tidak ada kendaraan," kata dia.

Menurut Kasatlantas Polres setempat terobosan dengan membuka layanan antar jemput anak sekolah ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan pelajar dan menyosialisasikan peraturan-peraturan lalulintas kepada pelajar.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa program ini sebagai salah satu terobosan polisi sahabat anak. Anak-anak murid akan di antar jemput sampai di sekolah dan kemudian tiba di rumahnya.

”Dengan demikian, para orang tua tidak perlu khawatir akan keselamatan anaknya yang bersekolah dan secara tidak langsung petugas juga mengajarkan tentang peraturan berlalu lintas yang baik dan benar,” kata dia.

Di samping itu, Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Solok Aipda Novi Daswan yang melakukan aktivitas penjemputan anak itu mengatakan dirinya harus bolak-balik pada pagi dan tengah hari untuk mengantar dan menjemput sebanyak 20 murid.

Menurut dia kegiatan yang dilakukan tiap hari, cukup menyenangkan. Karena selain merasa seperti melayani anak sendiri, bersama anak-anak yang diantar jemput dirinya juga melakukan edukasi dan membuka komunikasi timbal balik untuk menambah wawasan anak-anak tersebut.

”Ini pekerjaan mulia. Kita ingin anak-anak itu kelak menjadi orang-orang hebat. Karena itu sejak dini harus diberi pengetahuan luas,” ujar Novi.

Salah seorang tua murid Mukhlis mengaku terharu menerima kepedulian petugas Polres Solok.

Ia mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi Polres Solok serta sekaligus merasakan tersanjung atas pelayanan yang diberikan kepada anaknya untuk ke sekolah.

”Terima kasih Pak Polisi. Saya merasa terbantu dengan adanya pelayanan antar jemput anak sekolah ini. Kerja pak polisi ini, mudah-mudahan menjadi amal ibadah dan bernilai pahala," kata dia.