DPRD Bukittinggi resmi buka Masa Sidang 2023-2024

id DPRD Bukittinggi,berita bukittingi,berita sumbar,Masa Sidang 2023-2024 bukittinggi

DPRD Bukittinggi resmi buka Masa Sidang 2023-2024

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama pimpinan DPRD Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Antara/Al Fatah)

Bukittinggi (ANTARA) - DPRD Kota Bukittinggi, Sumatera Barat secara resmi menutup masa sidang 2022/2023 dan membuka masa sidang 2023/2024, prosesi ini dilaksanakan dalam rapat paripurna, di Gedung DPRD Bukittinggi, Senin.

Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial, menjelaskan, DPRD Bukittinggi telah membentuk panitia khusus (pansus) laporan kinerja anggota DPRD Bukittinggi yang merupakan langkah penyusunan laporan kinerja tahun keempat.

“Kita laporkan seluruh kinerja para wakil rakyat Bukittinggi untuk masa sidang 2022/2023, untuk itu, kita bentuk dua pansus yang telah menyusun dan membahas laporan ini, laporan kinerja anggota DPRD Bukittinggi terdiri dari BAB I, yang berisikan dasar hukum, profil kelembagaan, kedudukan dan fungsi DPRD, tugas dan wewenang DPRD, hak dan kewajiban, kode etik dan alat kelengkapan DPRD,” ujar Ketua DPRD.

Untuk BAB II, lanjut Beny, berisi tentang latar belakang, pelaksanaan fungsi pembentukan perda, jumlah pansus yang dikerjakan, jumlah keputusan pimpinan, keputusan DPRD, nota persetujuan bersama, nota kesepakatan bersama, jumlah perda yang sudah difasilitasi dan dievaluasi gubernur.

“Akhirnya dengan mengucapkan Alhamdulillah, kami tutup Tahun Sidang 2022-2023, dan dengan mengucapkan Bismillah kami buka Tahun Sidang 2023 - 2024”, atas nama Pimpinan dan anggota DPRD Kota Bukittinggi, kami ucapkan terimakasih terhadap dukungan yang telah diberikan masyarakat dan Pemerintah Kota Bukittinggi, semoga ke depannya dalam menjalankan roda pemerintahan ini kita dapat meningkatkan kerjasama serta kesejahteraan masyarakat Kota Bukittingi yang lebih baik,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Bukittinggi, Nur Hasra, membacakan laporan kinerja anggota DPRD Bukittinggi, dalam laporan itu disampaikan, DPRD Bukittinggi selama satu tahun terakhir telah menjalankan tiga fungsinya, penganggaran, pengawasan dan legislasi.

Dalam tahun keempat ini DPRD Kota Bukittinggi telah melakukan rapat paripurna sebanyak 32kali, Rapat Bamus sebanyak 19 kali, Rapat Gabungan Komisi dan Paripurna Internal sebanyak 27 kali, Rapat Banggar 64 kali, Rapat Bapemperda 12, Rapat kerja Komisi-Komisi sebanyak 29, Rapat Dengar Pendapat 12 dan kunjungan Komisi ke lapangan empat kali.

“Peraturan Daerah yang telah dihasilkan delapan buah, pembahasan Raperda sebanyak sembilan buah, Nota Persetujuan Bersama sebanyak delapan, Nota Kesepakatan Bersama sebanyak dua buah, keputusan DPRD sebanyak 38 buah,” jelasnya.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar mengapresiasi kinerja pimpinan dan anggota DPRD Bukittinggi pada tahun keempat ini.

Menurutnya banyak upaya yang dilakukan bersama pemerintah, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, melalui fungsinya di dewan.

“Mudah-mudahan segala sumbangsih yang diberikan dapat membawa perubahan demi kemajuan dan kemakmuran daerah dan masyarakat Kota Bukittinggi, serta memperoleh balasan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT, dengan dibukanya masa persidangan DPRD Kota Bukittinggi Tahun 2023-2024 diharapkan berbagai agenda DPRD dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsi dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya.