Peduli Lingkungan, Bikers Brotherhood 1% MC Tanam Ratusan Pohon di Padang

id Bikers, padang

Peduli Lingkungan, Bikers Brotherhood 1% MC Tanam Ratusan Pohon di Padang

Bikers Brotherhood 1% MC tanam ratusan pohon di Padang. (ANTARA/ist)

Padang (ANTARA) - Kepedulian terhadap lingkungan memotivasi sekitar 300 anggota klub sepeda motor untuk menanam bibit mangrove dan beberapa tanaman lain di kawasan Pantai Pasir Putih, Bungo Pasang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, pada Minggu (23/7). Kegiatan itu merupakan inisiasi Bikers Brotherhood 1% MC Central Sumatera dan diikuti oleh beberapa klub sepeda motor di Padang.

Vice President Bikers Brotherhood 1% MC Central Sumatera Chapter, Rando Emirdzan, menjelaskan bahwa pihaknya menanam mangrove untuk mengampanyekan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan kehidupan di bumi. Alasan lainnya ialah untuk mengajak komunitas sepeda motor dan mobil untuk peduli lingkungan. Selain itu, kegiatan itu merupakan bagian dari program klub motornya, yaitu Bhakti untuk Negeri.

“Kita tahu gas karbon hasil dari asap knalpot motor dan mobil. Maka, penanaman mangrove ini jadi kontribusi kita dalam merawat alam dan lingkungan,” kata Rando.

Mereka membingkai kegiatan dengan tema “Satu Knalpot, Satu Pohon”. Tema tersebut merupakan ajakan bagi komunitas sepeda motor untuk lebih peduli terhadap lingkungan, khususnya atas zat karbon yang dikeluarkan dari knalpot motor.

Pada hari itu mereka menanam sekitar 300 bibit pohon. Rando mengatakan bahwa penanaman bibit pohon itu merupakan program nasional di Bikers Brotherhood 1% MC. Cabang Bikers Brotherhood 1% MC di provinsi lain juga sudah menyelenggarakan kegiatan itu.

“Kampanye peduli lingkungan ini baru tahun ini dimulai oleh Bikers Brotherhood 1% MC sebagai gerakan persaudaraan untuk alam. Di Padang ini perdana digelar,” ujar Rando.

Selain menanam pohon, kata Rando, pihaknya akan memelihara pohon yang ditanam itu dan memantaunya hingga tumbuh besar sampai pohon tersebut secara optimal mengurai karbon dioksida menjadi oksigen.

Pihaknya ingin melaksanakan penanaman pohon itu secara rutin. Pada November nanti pihaknya juga akan mengadakan kegiatan penanaman pohon, yang bertepatan dengan Hari Menanam Sedunia. Ia berharap lebih banyak klub motor lain yang ikut dalam kegiatan itu.

Sebelum menuju ke lokasi penanaman pohon, para anggota klub sepeda motor itu berkumpul di Kantor Dinas Kehutanan Sumbar. Di sana mereka disambut langsung oleh Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwardi.

Yozarwardi mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan yang diadakan oleh Bikers Brotherhood 1% MC Central Sumatera terebut. Di samping itu, pihaknya memfasilitasi kegiatan itu dengan menyediakan ratusan bibit pohon.

Bikers Brotherhood 1% MC merupakan pengguna sepeda motor yang mencintai dan menggunakan motor klasik buatan Amerika dan Eropa, yang menjadi ciri khas klub motor itu. Klub tersebut didirikan di Bandung pada 13 Juni 1988.*