Presiden PKS sambut baik utusan Golkar di apel siaga NasDem

id Apel siaga

Presiden PKS sambut baik utusan Golkar di apel siaga NasDem

Presiden PKS Ahmad Syaikhu (dua kanan) memberi keterangan kepada wartawan pada sela-sela kegiatannya menghadiri Apel Siaga NasDem di SUGBK, Jakarta, Minggu (16/7/2023). ANTARA/Fauzi Lamboka/aa. (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Jakarta (ANTARA) - Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyambut baik kehadiran utusan Partai Golkar dalam acara Apel Siaga NasDem di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu (16/7).

Dia berharap kehadiran itu dapat menjadi langkah awal bagi Golkar bergabung dalam Koalisi Perubahan yang saat ini beranggotakan PKS, NasDem, dan Partai Demokrat.

“Kami menyambut baik dan gembira, ya mudah-mudahan ini juga akan bisa menjadi bagian ke depannya, bisa menjadi koalisi bersama,” kata Ahmad Syaikhu saat ditemui di SUGBK, Jakarta, Minggu.

Dalam Apel Siaga NasDem, tiga utusan Golkar hadir di lokasi acara, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), yaitu Ketua DPP Christina Aryani, Rizal Mallarangeng, dan Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM (Bakumham) Supriansa.

Christina dan Supriansa dalam siaran tertulis mereka yang terpisah menjelaskan kehadiran itu merupakan wujud memenuhi undangan dan menghargai Ketua Umum NasDem Surya Paloh, yang selama 40 tahun lebih pernah menjadi politikus Golkar.

Presiden PKS, terkait adanya utusan Golkar yang datang, menilai itu bagian dari komunikasi politik yang berupaya dibangun oleh Surya Paloh.

“Saya kira (kehadiran itu) bagian dari upaya kami untuk berkomunikasi dengan berbagai partai terus dijalin. Nah, hari ini mungkin Pak Surya Paloh mengundang partai-partai, dan yang bersedia hadir hari ini ya Partai Golkar,” kata Syaikhu.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden PKS juga memberi apresiasinya untuk NasDem yang menggelar Apel Siaga Perubahan di SUGBK, Jakarta, Minggu. Dia menilai apel itu bagian dari langkah memperkuat konsolidasi, terutama dalam mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres).

Menurut Syaikhu, konsolidasi merupakan faktor penting dalam merebut kemenangan di Pilpres 2024.

“Saya kira itu memang tahapan-tahapan yang memang kami sepakati bersama, setelah masing-masing partai membuat konsolidasi masing-masing, berikutnya kami akan membentuk konsolidasi bersama, bahkan membuat sekber (sekretariat bersama), yang ini bagian dari upaya memenangkan Anies Rasyid Baswedan,” kata Ahmad Syaikhu.

Terkait arah dukungan partai politik untuk Pilpres 2024, PKS, NasDem, dan Demokrat, yang mana ketiganya tergabung dalam Koalisi Perubahan, sepakat mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden. Golkar, sejauh ini, masih mengusung ketua umumnya, Airlangga Hartarto sebagai bakal capres.

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan berlangsung pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) mengatur pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi dari DPR RI. Pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang total perolehan suara sahnya minimal 34.992.703 suara.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ahmad Syaikhu sambut baik utusan Golkar di apel siaga NasDem