TMMD/N di Baso Agam buka jalan sepanjang 2,7 kilometer

id TMMD/N di Baso Agam,Pembukaan jalan baso,Berita agam,Berita sumbar

TMMD/N di Baso Agam buka jalan sepanjang 2,7 kilometer

Sekda Agam Edi Busti menyerahkan peralatan bagi peserta TMMD/N. Dok Humas Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Program TNI Manunggal Membangun Desa atau Nagari (TMMD/N) ke 117 di Nagari Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat akan membuka jalan sepanjang 2,7 kilometer pada 2023, agar akses transportasi menjadi lancar menuju pusat pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Sekretaris Daerah Agam Edi Busti di Lubuk Basung, Rabu, mengatakan program TMMD/N selama 34 hari tersebut membuka jalan untuk mempermudah akses transportasi masyarakat dalam membuka keterisoliran suatu nagari ke nagari lain, menuju pusat pertumbuhan perekonomian masyarakat.

"Dengan dibuka jalan ini, akses transportasi menjadi mudah," katanya saat upacara khusus pembukaan TMMD/N di lapangan sepak bola Simarasok, Baso, Rabu (12/7).

Ia mengatakan, selain membuka jalan juga dilakukan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) lima unit, rehabilitasi satu unit mushala dan satu unit sekolah.

Program TMMD/N merupakan program lintas sektoral antara TNI dengan kementerian lembaga, pemerintah daerah dan masyarakat.

“Semua bersinergi untuk meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah, guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik dan mandiri,” katanya.

Ia menambahkan, TMMD/N kriteria dan prioritas sasaran kegiatannya merupakan daerah perdesaan yang tergolong sebagai daerah tertinggal dan terpencil.

TMMD/N ini upaya untuk memberdayakan masyarakat desa atau nagari dengan membangun/merehabilitasi, sarana prasarana wilayah dan fasilitas umum yang secara langsung dapat menyentuh kepentingan masyarakat setempat.

“Ini juga untuk membantu pemerintah daerah mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” katanya.

Dalam upacara pembukaan TMMD/N ke-117 itu, dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Bupati Agam dengan Dansatgas TMMD/N.

Selanjutnya penyerahan peralatan kerja kepada TNI, Polri, Satpol PP dan masyarakat dan pemukulan gong oleh Danrem 032/wbr, Brigjen TNI Rayen Obersyl, tanda dimulainya kegiatan tersebut, kemudian peninjauan lapangan.

Selain Brigjen TNI Rayen Oberayl, pembukaan TMMD/N ke-117 juga dihadiri berbagai pejabat di Sumbar, BUMN, instansi vertikal, OPD Agam, Ormas dan masyarakat.