Alwi bawa Indonesia tinggal selangkah menuju final BAJC 2023

id Alwi Farhan, BAJC 2023,pbsi,bulutangkis indonesia

Alwi bawa Indonesia tinggal selangkah menuju final BAJC 2023

Aksi Alwi FARHAN Tunggal Putra Beregu Indonesia pada laga BNI Badminton Asia Junior Championships 2023, Di GOR Amongraga, Yogyakarta, 8/7/2023 (ANTARA/HO-PP PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Kemenangan yang dipetik tunggal putra Alwi Farhan pada partai kedua membuat timnas bulu tangkis Indonesia tinggal selangkah menuju final Kejuaraan Badminton Junior Asia (BAJC) 2023 di Yogyakarta, Senin.

Alwi menggandakan keunggulan Indonesia atas Thailand menjadi 2-0 setelah mengalahkan Nachakorn Pusri dalam persaingan sengit tiga gim dengan skor akhir 19-21, 21-8, 21-11.

"Bersyukur bisa meraih kemenangan di laga ini. Saya bermain dengan tempo lambat di gim pertama. Saya melihat lawan hanya mengandalkan kesalahan saya sendiri," ungkap Alwi melalui informasi tertulis PP PBSI di Jakarta.

Dengan dua kemenangan yang didulang Skuad Garuda Muda, maka Indonesia hanya butuh satu kemenangan lagi dari Thailand untuk melaju ke babak final.

Pada pertandingan itu, Alwi yang juga menjadi kapten timnas mengaku tidak mengeluarkan permainan terbaiknya pada gim pertama sehingga runner-up Osaka International Challenge 2023 itu harus kehilangan gim pembuka tersebut.

Beruntung pada dua gim berikutnya, Alwi tancap gas untuk akhirnya merebut kemenangan. Juara Bangladesh Junior International Series 2021 itu akhirnya merebut dua gim berikutnya dalam tempo 48 menit.

"Saat di gim kedua dan ketiga saya mencoba untuk menyerang. Dengan strategi tersebut, saya bisa bermain dengan baik dan akhirnya memenangkan pertandingan," ungkap Alwi.

Runner-up Lithuanian International 2022 itu juga berupaya tampil lebih lepas untuk bisa menyumbangkan poin buat Indonesia.

Alwi juga mulai terbiasa dengan kendala pada paha kirinya yang kerap tegang. Apalagi hari ini ia menjalani dua pertandingan sekaligus, yang diawali dengan laga perempat final pada Senin pagi.

"Masih terasa tegang di bagian paha kiri. Sekarang saya berusaha untuk recovery terlebih dahulu. Laga hari ini melelahkan buat saya. Jadi harus memperagakan strategi perlahan, kapan mau menyerang dan bertahan," pungkas Alwi.

Indonesia berpeluang untuk menuntaskan pertandingan semifinal pada partai ketiga. Tunggal putri Mutiara Ayu Puspitasari dipersiapkan untuk menghadapi Saranporn Sombutwatthananukool.