Hermanto: Stan GO KWT Padang jadi favorit pengunjung Penas Tani

id Sumbar,Penas Tani,Padang

Hermanto: Stan GO KWT Padang jadi favorit pengunjung Penas Tani

Anggota Komisi IV DPR Hermanto mengunjungi stan GO KWT di Arena Penas Tani di Lapangan Udara Sutan Sjahrir Kota Padang (ANTARA/HO Dokumen Pribadi)

Padang (ANTARA) - Anggota Komisi IV DPR Hermanto mengatakan stan Gabungan Organisasi Kelompok Wanita Tani (GO-KWT) Padang menjadi favorit pengunjung di arena Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XVI tahun 2023 di Lapangan Udara Sutan Sjahrir Kota Padang, Sumatera Barat

"Saya berkali-kali ke lokasi dan berkunjung ke stan GO-KWT ini. Kunjungan tersebut sebagai wujud dukungan bagi pengembangan pertanian perkotaan, terutama yang memanfaatkan lahan pekarangan rumah", kata dia di Padang,Senin.

Menurut Hermanto, KWT-KWT yang tergabung dalam GO-KWT sebagian besar sudah mendapat bantuan pemerintah berupa program Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Inti kegiatan mereka adalah 4M yakni menanam, merawat, memanen dan menjual.

“Momen Penas ini menjadi sarana bagi mereka untuk memperkenalkan dan menjual langsung produknya dan atau menjalin kesepakatan untuk penjualan pasca Penas", kata dia.

Ia menambahkan di stan tersebut diperkenalkan dan dijual produk mentah seperti sayuran dalam kemasan dan jamur serta berbagai produk olahan diantaranya kripik sayuran dan minuman bunga telang yang baik untuk kesehatan.

“Mereka dengan penuh semangat memperkenalkannya ke pengunjung dari seluruh Indonesia yang singgah di standnya", kata dia.

Ia mengatakan pengunjung tak sekedar GO-KWT tetapi juga membuat kegiatan Temu GO-KWT.

Ia meminta semua KWT terus belajar dan tetap semangat dalam mengelola pekarangan rumah masing-masing.

“Di Penas ini banyak stand yang memperkenalkan teknologi baru terkait pertanian perkotaan. Kunjungi stand-stand tersebut, dapatkan infonya dan terapkan di lokasi masing-masing ", katanya.

"Penas Sumbar ini kegiatan langka. Sangat mungkin seumur hidup hanya ketemu sekali ini. Karena itu mestinya masyarakat Sumbar bisa mengambil manfaat sebesar-besarnya", pungkas legislator dari Dapil Sumbar I ini.

Selain Hermanto, stand GO-KWT sudah juga dikunjungi oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, peserta dari Jepang, para pejabat dan pelaku usaha dari berbagai daerah (Papua, Kalimantan, Sulawesi, Aceh, Jawa Barat dan lain-lain). Pengunjung diperkirakan akan bertambah mengingat Penas masih akan berlangsung hingga 15 Juni 2023.