Wako: Perputaran uang capai puluhan miliar rupiah di Penas Tani

id Penas Tani,Padang,Sumbar

Wako: Perputaran uang capai puluhan miliar rupiah di Penas Tani

Wali Kota Padang Hendri Septa (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Wali Kota Padang, Sumatera Barat Hendri Septa memperkirakan perputaran uang di Kota Padang saat menjadi tuan rumah Pekan Nasional KTNA Tani Nelayan XVI pada 10-15 Juni 2023 mencapai puluhan miliar rupiah.

“Ada 20 ribu hingga 30 ribu orang yang akan tinggal di rumah penduduk di Kota Padang selama gelaran ini berlangsung dan ini akan menggerakkan ekonomi masyarakat secara langsung,” kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Jumat.

Ia mengatakan peserta ini akan tinggal di rumah masyarakat dan mereka alan mengeluarkan biaya akomodasi dan makan di sana.

Belum lagi mereka yang menginap di hotel-hotel yang ada di kota berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa ini.

“Efek domino gelaran ini berdampak pada ekonomi penduduk dan memang ini yang kita inginkan agar ekonomi kembali bergairah,” kata dia.

Ia mengatakan senang ada kegiatan pusat yang digelar di Kota Padang sama halnya dengan Rakernas Apeksi 2022 lalu.

Pada Rakernas Apeksi tersebut ada 5.000 tamu undangan dan Pemkot Padang melalui Biro Ekonomi menghitung perputaran uang mencapai Rp26 miliar.

“Insya Allah terjadi perputaran uang mencapai puluhan miliar. Tamu kita menginap dan mendatangi destinasi wisata dan kuliner yang ada di Kota Padang,” kata dia.

Ia mengatakan Penas Tani dan Nelayan yang berpusat di Lapangan Udara Sutan Sjahrir Tabing Kota Padang itu dapat menjadi sarana berbagi informasi di kalangan masyarakat petani dan nelayan.

“Kita juga sudah menyiapkan 2.900 rumah untuk pemondokan di lima kecamatan di Kota Padang. Insya Allah penginapan tersebut akan selesai didata sebelum acara tanggal 10 Juni 2023 nanti,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, Kota Padang akan banyak belajar dari petani dan nelayan yang datang. Apalagi Kota Padang memiliki lahan sawah mencapai 5 ribu hektare.

“Atas nama Pemkot Padang, kami mengimbau dan mengundang masyarakat Indonesia untuk datang ke Kota Padang. Kita sukseskan Penas Tani dan Nelayan ke-16 tahun 2023. Insya Allah keberkahan ini datang untuk masyarakat Indonesia,” katanya.