Founder IMA Hermawan: setiap chapter gendong UMKM untuk naik kelas

id IMA, Rakernas, UMKM

Founder IMA Hermawan: setiap chapter gendong UMKM untuk naik kelas

Sekdaprov Sumbar Hansastri didampingi Presiden IMA Suparno Djasmin, Fouder IMA Hermawan Kartawijaya dan Presiden IMA Chapta Padang Darmawi, Kadispar Sumbar Budi Luhur. (ANTARA/Siri Antoni/23)

Padang (ANTARA) - Founder atau pendiri Indonesia Marketing Association (IMA) Hermawan Kartawijaya mengingatkan IMA Chapter agar menggendong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah masing-masing untuk naik kelas, bahkan hingga go internasional.

Hermawan Kartajaya yang juga merupakan marketing handal Indonesia, menyampaikan saat memberi arahan pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IMA 2023 di Padang, Sabtu.

Menurut dia, tidak perlu takut dan ragu untuk menangkap peluang ekspor untuk membuat produk bisa go internasional.

Langkah untuk menggendong UMKM tersebut, kata Hermawan, tentu anggota IMA sendiri setiap saat harus mengembangkan kemampuan dalam meningkatkan penjualan.

"Kita semua disini harus berusaha meningkatkan kemampuan sistem penjualan sesuai perkembangan zaman, dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya pada sektor UMKM," ujarnya.

Pengembangan kemampuan sistem pemasaran juga dilakukan di semua negara, karena setiap saat produksi dan industri akan semakin bertambah, termasuk industri jasa yakni sektor pariwisata.

Peluang itu, menurut Hermawan, harus ditangkap dengan cepat oleh para marketing, sebab tanpa kecekatan marketing semua tidak akan pernah berjalan baik.

Selain itu, arah industri ke depan juga ramah lingkungan yang harus menjadi perhatian bagi anggota IMA agar bisnis yang dijalankan bisa dapat eksis.

Hermawan juga mengapresiasi pelaksanaan Rakernas di Padang, termasuk yang paling meriah. Apalagi dengan melibatkan banyak UMKM daerah untuk membuka stand pameran.

Presiden IMA Pusat Suparno Djasmin pelaksanaan Rakernas IMA di Padang, dihadiri 200-an perwakilan pengurus Chapta IMA yang tersebar di wilayah Indonesia.

Pelaksanaan saat kali ini, kata dia, berada di daerah, dimana Sumbar sangat dikenal dengan jiwa dagangnya. Selain itu, ada kuliner khas Randang, dan juga keindahan obyek wisata alamnya.

Suparno juga memberi apresiasi IMA Chapta Padang sangat aktif dan kreatif karena banyak menjalin kerja sama dengan perguruan tingga, dan juga membina UMKM.

Dalam rangkernas ini, kata dia, hendaknya bisa menghasilkan hal yang bermanfaat untuk semua dan Indonesia.

Direktur Komunikasi IMA Yulian Warman menyampaikan kegiatan Rakernas kali ini mendapat support laur biasa, sangat antusias dan sangat meria.

Hal ini, tentu suatu yang positif dan menunjukan organisasi ini terus bergerak, sehingga ada manfaatnya bagi anggota dan stakholder.

Manfaatnya bagi Sumbar, ada 200-an orang datang ke daerah, yang tentunya bisa memberi dampak ekonomi untuk Sumbar.

IMA daerah supaya membantu UMKM sesuai dengan kebutuhan agar bisa berkembang dan terus bertumbuh. 40-an UMKM dilibatkan untuk meriahkan di arena Rakornas.

IMA ingin berkontribusi langsung agar umkm bisa naik kelas, bukan sekadar sebatas retorika saja.

Presiden IMA Chapta Padang Darmawi menyampaikan sambutan saat pembuaan Rakernas 2023. (ANTARA/Siri Antoni/23)


Presiden IMA Chapta Padang Darmawi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pengurus IMA pusat yang telah memperkenankan pelaksanaan Rakernas 2023 di Padang.

Kemudian tidak lupa kepada panitia pelaksana yang telah berkerja semaksimal mungkin dalam menyukseskan Rakernas IMA ini.

Selaku tuan rumah IMA Chapta Padang, kata dia, bila ada kekurangan dalam rangkaian kegiatan agar mohon dimaafkan.

"Kami imbau kepada peserta agar bisa menikmati hidangan terakhir tuan rumah, tour enjoy Ranah Minang IMA Padang wisata ke destinasi Bukittinggi, pada 21 Mai 2023," pungkasnya.