Kemenko PMK: Penanganan stunting kunci utama pembangunan SDM

id Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK Agus Suprapto , stunting, penanganan stunting

Kemenko PMK: Penanganan stunting kunci utama pembangunan SDM

Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK Agus Suprapto (ANTARA/Wuryanti Puspitasari)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menekankan bahwa penanganan stunting menjadi kunci utama dalam mendukung program pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Penanganan stunting menjadi hal yang sangat penting dalam rangka mendukung program pembangunan SDM," kata Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK Agus Suprapto dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Agus menjelaskan, pembangunan sumber daya manusia yang berkelanjutan memiliki tujuan untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang unggul, berkualitas, berbudi pekerti luhur, dan juga berdaya saing.

"Hal tersebut tentunya akan dapat diwujudkan jika generasi penerus bangsa, dapat bertumbuh dan berkembang secara baik dan optimal, serta yang terpenting tidak mengalami stunting, karena stunting dapat mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa pemerintah menjadikan program pembangunan SDM sebagai salah satu agenda prioritas, mengingat Indonesia segera mencapai bonus demografi. Selain itu, untuk mendukung terwujudnya visi Indonesia Maju pada tahun 2045 mendatang.

"Dalam rangka menyambut bonus demografi, dan mewujudkan visi Indonesia Maju pada tahun 2045 maka upaya peningkatan kualitas SDM menjadi hal yang sangat esensial agar bonus demografi yang ditandai dengan proporsi usia produktif dalam jumlah besar dapat dioptimalkan, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan penanganan stunting," katanya.

Kemenko PMK bersama kementerian dan lembaga terkait, kata dia, terus menggencarkan sejumlah program strategis guna menurunkan prevalensi stunting dan mengoptimalkan program pembangunan SDM.

"Kemenko PMK terus mendorong kolaborasi dan sinergi dari seluruh pemangku kepentingan, karena kerja sama lintas sektor sangat diperlukan agar berbagai program strategis dapat berjalan dengan baik" katanya.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah saat ini terus melakukan berbagai upaya dalam rangka percepatan penurunan prevalensi stunting.

Menko PMK menjelaskan bahwa pada saat ini, berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), prevalensi stunting di Indonesia adalah sebesar 21,6 persen.

"Pemerintah menargetkan prevalensi stunting di tanah air, bisa turun menjadi 14 persen pada tahun 2024 mendatang," kata Muhadjir Effendy.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenko PMK: Penanganan stunting jadi kunci utama pembangunan SDM