Pemkab Dharmasraya pastikan lanayan internet sukseskan HLUN

id Pemkab Dharmasraya,HLUN 2023 ,Berita dharmasraya

Pemkab Dharmasraya pastikan lanayan internet sukseskan HLUN

Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Rovanky Abdams. (Antara/HO-Dok pribadi) 

Pulau Punjung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) memastikan kesiapan infrastruktur layanan internet untuk menyukseskan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 29 Mei mendatang.

"Terkait koneksi jaringan di 11 kecamatan kita sudah koordinasikan dengan PT Telkom Padang," kata Kepala Dinas Kominfo (Diskominfo) Dharmasraya, Rovanly Abdams, di Pulau Punjung, Selasa.

Ia mengatakan Pemkab Dharmasraya telah membahas persiapan teknis bersama PT Telkom Padang terkait kebutuhan jaringan internet di 11 titik lokasi kegiatan saat puncak HLUN.

Ia mengatakan peringatan HLUN akan dilaksanakan secara dalam jaringan (Daring), Menteri Sosial Tri Rismaharini direncanakan akan melakukan dialog dengan ribuan lansia di lokasi utama, maupun secara parallel melalui teleconference di 11 kecamatan.

Menurut dia dari 11 Kecamatan, tiga kecamatan dinilai belum memiliki jaringan internet yang baik, sehingga inilah yang diantisipasi agar tidak menjadi kendala saat puncak pelaksanaan.

"Hasil pertemuan kemarin, tiga kecamatan ini akan koordinir langsung oleh Telkom untuk peningkatan jaringan internetnya," katanya.

Ia mengatakan Kabupaten Dharmasraya dipercaya menjadi tuan rumah peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-27 pada 29 Mei 2023.

"Persiapan terus kita matangkan sampai hari ini, sebelumnya tim dari Kemensos sudah mengunjungi Dharmasraya untuk meninjau venue utama yang akan digunakan saat Puncak HLUN," katanya.

Peringatan HLUN 2023 akan di gelar berbagai kegiatan sosial, diantaranya pelaksanaan operasi katarak, nikah isbat masal bagi lansia, dan penyerahan bantuan sosial.

Untuk sementara, sambung dia Pemkab Dharmasraya menyiapkan beberapa opsi untuk lokasi acara, diantaranya Sport Center, Gedung Pertemuan Umum (GPU) Pulau Punjung, dan Auditorium Kantor Bupati Dharmasraya.

"Pemilihan lokasi masih dibicarakan. Pihak Kemensos pemda masih mengkaji lokasi mana yang paling tepat, dengan mempertimbangkan faktor-faktor pendukung untuk kelancaran acara," katanya.