Sumbar perkenalkan sembilan agenda wisata libur Lebaran 2023

id wisata,sumbar,agenda wisata,iven wisata

Sumbar  perkenalkan sembilan agenda wisata libur Lebaran 2023

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memperkenalkan sembilan agenda wisata dengan keunikan masing-masing yang bisa dinikmati wisatawan untuk mewarnai libur Lebaran 1444 Hijriah tahun 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda di Padang, Kamis mengatakan ada sembilan agenda wisata selama April yang bisa dinikmati oleh para perantau yang pulang kampung atau wisatawan.

Sembilan agenda wisata itu diantaranya Festival Muaro Padang yang dihelat pada 23 April hingga 27 April, Festival Langkisau di Pesisir Selatan pada 15-21 April, Festival Barakik-rakik di Danau Maninjau pada 21 April 2023.

Kemudian Festival Sumarak Anak Nagari di Kota Solok 22-23 April, Bakajang di Pangkalan Koto Baru, Limapuluh Kota pada 23-27 April.

Lalu Alek Pacu Jawi di Tanah Datar pada 22 April, Bukittinggi Photography Competition pada 29-30 April, Festival Pantai Pariaman pada 23 April-6 Mei dan Pacu Kuda Tanah Datar pada 30 April yang rencananya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

"Para perantau dan wisatawan bisa memilih agenda wisata yang sesuai dengan selera dan sesuai dengan jadwal kedatangan ke Sumbar," ujarnya.

Luhur menyebut masing-masing agenda wisata itu memiliki keunikan masing-masing dan sebagian memang didesain untuk menyambut perantau dan wisatawan yang datang saat libur Lebaran.

Selain agenda wisata, desa wisata yang tumbuh dengan subur di Sumbar juga bisa menjadi alternatif menghabiskan waktu pada libur Lebaran 1444 hijriah/2023.

"Kita punya 327 desa wisata yang bisa menjadi destinasi alternatif bagi perantau dan wisatawan yang ingin mencari suasana berbeda di Sumbar," kata Luhur.

Ia mengatakan keunikan dan keindahan desa wisata itu tidak kalah dengan sejumlah destinasi yang sudah terkenal di Sumbar seperti Harau di Kabupaten Limapuluh Kota, Istano Pagaruyung di Tanah Datar, Jam Gadang di Bukittinggi, Danau Maninjau di Agam, Danau Singkarak di Solok, Pantai Padang hingga Kawasan Mandeh di Pesisir Selatan.

"Artinya wisatawan memiliki banyak pilihan saat datang ke Sumbar pada libur Lebaran 1444 Hijriah/2023," katanya.*

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sumbar perkenalkan sembilan agenda wisata libur Lebaran 2023