Pemkab Dharmasraya gelar lomba kebersihan

id Pemkab Dharmasraya,berita Dharmasraya,berita sumbar

Pemkab Dharmasraya gelar lomba kebersihan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Dharmasraya Budi Waluyo. (ANTARA/Ilka Jensen)

Pulau Punjung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar lomba kebersihan dalam rangka menggerakkan kampanye mengurangi volume sampah di daerah itu.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dharmasraya, Budi Waluyo, di Pulau Punjung, Jumat, mengatakan, lemba kebersihan dibagi menjadi empat kategori, antara lain antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Puskesmas, nagari, dan antar sekolah.

"Lomba ini digelar selama kurang lebih tiga bulan, dimulai dari Maret sampai Juni," katanya.

Ia menjelaskan ada tiga poin yang akan dinilai, pertama adanya mekanisme pengelolaan sampah internal, adanya sarana dan prasarana persampahan, dan adanya implementasi pengelolaan sampah yang benar.

Ia berharap melalui lomba tersebut dapat terbangunnya paradigma baru dimana sampah tidak hanya dibuang di tempat sampah, tapi juga dipilah dan diolah yang bernilai ekonomis.

"Oleh karena itu peranan pihak terkait diantaranya camat sangat menentukan terhadap keberhasilan lomba ini," katanya.

Menurut dia sampah adalah masalah yang paling besar dihadapi oleh masyarakat. Pengelolaan sampah yang tidak serius dan tidak memenuhi prinsip kelestarian lingkungan akan berdampak pada banyak hal.

"Sampah yang tidak terkelola dengan baik, maka akan menjadi sumber penyakit dan merusak lingkungan," katanya.

Ia berharap dukungan seluruh pihak agar pelaksanaan lomba dapat berjalan sukses. Tentunya yang miliki peran penting dalam hal ini adalah Pemerintah Kecamatan.

"Berapa waktu lalu kita sudah undang pak camat 11 kecamatan, secara umum pak camat mendukung dan siap menyukseskan lomba kebersihan tersebut," tambah dia.