Pariaman tanam nilai religi generasi muda melalui pesantren ramadan

id pesantren ramadhan pariaman,berita pariaman,berita sumbar,pemko pariaman

Pariaman tanam nilai religi generasi muda melalui pesantren ramadan

Wakil Wali Kota Pariaman Sumbar Mardison Mahyuddin menyapa peserta pesantren ramadhan. ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat membentuk kepribadian dan menanamkan nilai-nilai religi kepada generasi muda di daerah itu melalui pesantren ramadan yang dilaksanakan mulai 27 Maret sampai 17 April 2023.

"Pesantren ramadan adalah salah satu kegiatan yang selalu kita lakukan setiap bulan ramadan untuk pelajar di Pariaman," kata Wali Kota Genius Umar di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan tujuan dilaksanakan pesantren ramadan tersebut yaitu untuk meningkatkan pemahaman para pelajar di Pariaman terhadap agama Islam, meningkatkan keimanan, dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, lanjutnya dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut diisi dengan berbagai kegiatan mulai dari ceramah agama, hafalan ayat suci, tadarus Al-Quran, shalat berjamaah, serta berbagai kegiatan lainnya.

Dengan berbagai kegiatan tersebut maka dapat membentuk kepribadian yang Islami, menanamkan nilai-nilai religi, dan memberikan kesadaran bahwa pendidikan agama merupakan kebutuhan bagi setiap muslim.

"Pelaksanaan pesantren ini kita kembalikan ke sekolah masing-masing, yang penting para pelajar nyaman saat mengikuti kegiatan dan materi yang diberikan dapat dipahami," katanya.

Ia menyampaikan untuk SD melibatkan siswa kelas 4, 5, dan 6 sedangkan tingkat SMP akan diikuti oleh seluruh pelajar.

Terpisah, Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin mengatakan pesantren ramadan dilaksanakan untuk anak-anak agar memahami tentang hakikat dan ajaran agama islam sehingga mereka tidak saja memahami pendidikan umum.

“Selain itu, pesantren ini kita mendalami dan menghayati Al-Quran, patuh kepada perintah Allah SWT, tidak melawan kepada orang tua dan melaksanakan serta menerapkan ajaran Agama Islam dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.