Sidak di SPBU Sijunjung, Kapolda Sumbar pastikan penyelewengan BBM subsidi diusut tuntas

id kapolda sumbar,sidak spbu,penyalahgunaan bbm subsidi

Sidak di SPBU Sijunjung, Kapolda Sumbar pastikan penyelewengan BBM subsidi diusut tuntas

Tangkapan layar Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono (tengah). (ANTARA/HO-Humas Polda Sumbar)

Padang (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Suharyono menemukan setidaknya 11 kendaraan dengan tangki telah dimodifikasi yang diduga untuk memuat BBM bersubsidi saat melakukan inspeksi mendadak di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) Kenagarian Tanjung Lolo, Kecamatan Tanjung Gadang, Kabupaten Sijunjung, Rabu (21/2).

"Ini ternyata bahwa terjadi penyimpangan salah satu SPBU dengan oknum oknum atau mungkin masyarakat yang nanti akan kita periksa semuanya kabur termasuk yang jagain SPBU juga kabur akan kami tindak tegas," ucap Kapolda dalam video yang telah disiarkan di instagram Humas Polda Sumbar yang dipantau di Padang, Rabu.

Setiap kendaraan diduga mampu menampung BBM sebanyak 1.000 liter.

Baca juga: Panggul senjata laras panjang, Kapolda Sumbar sidak sejumlah SPBU di Sumbar

Baca juga: Kapolda Sumbar turut dalam pencarian Kapolda Jambi


Kapolda menambahkan karena sudah terbukti dugaan kerja sama antara SPBU dengan para oknum pengisi solar di SPBU maka akan dilakukan pengembangan.

"Saya perintahkan semua Kapolres Kapolresta di jajaran Polda Sumatera Barat untuk tidak henti hentinya di jam berapapun, dalam situasi yang seperti apapun melakukan operasi dan melakukan pengecekan di SPBU maupun di jalan jalan dan kendaraan yang diduga dimodifikasi dengan tangki tangki tebal," tegasnya.

Ia memastikan bahwa dugaan penyelewengan BBM bersubsidi itu diusut tuntas dan akan melaporkan perkembangannya ke Kapolri.

"Tentunya akan kami laporkan perkembangannya kepada pimpinan," sambung orang nomor satu di Polda Sumbar tersebut.

Diketahui, saat ini sejumlah kendaraan dengan tangki yang dimodifikasi tersebut telah diamankan dengan dilakukan police line dan akan dibawa ke Polres Sijunjung.

Adapun 11 (sebelas) unit kendaraan yang diamankan tersebut terdiri kendaraan roda empat dan roda enam itu meliputu 3 unit kendaraan L 300 , 6 unit kendaraan mini bus isuzu panter, 1unit kendaraan R6 truck colt diesel dan 1 unit kendaraan R6 dump truck. (*)

Baca juga: Kapolda: Penyelesaian jalan tol solusi tekan angka kecelakaan di Sumbar

Baca juga: Kapolda Sumbar minta guru tanamkan wawasan kebangsaan pada siswa