UNP kukuhkan lima guru besar perkuat menuju kampus kelas dunia

id UNP,Sumbar,Padang

UNP kukuhkan lima guru besar perkuat menuju kampus kelas dunia

Rektor UNP Prof Ganefri dan Ketua Senat Prof Sufyarma Marsidin bersama lima guru besar UNP yang baru dikukuhkan di Rapat Senat Terbuka di Padang, Sabtu (24/12). (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat mengukuhkan lima guru besar dalam Rapat Senat Akademik Universitas yang digelar secara terbuka di Auditorium Universitas Negeri Padang yang digelar Sabtu (24/12).

Kelima guru besar tersebut Prof Erizal Syofyan di bidang ilmu akuntansi, Prof Idris di di bidang ekonomi lingkungan, Prof M Fachri Adnan di bidang ilmu politik, Prof Mawardi di bidang ilmu kimia dan Prof. Rusnardi Rahmat Putra di bidang rekayasa dan mitigasi gempa.

Rektor Universitas Negeri Parang Prof Ganefri di Padang, Sabtu mengatakan kelima orang guru besar tersebut berasal dari empat fakultas yakni fakultas ekonomi, fakultas ilmu sosial, fakultas teknik dan fakultas MIPA.

"Dengan bertambahnya 5 orang guru besar ini, berarti Universitas Negeri Padang telah memiliki sebanyak 83 orang guru besar," kata dia.

Selain itu pengukuhan ini menjadi yang ketiga kali digelar di tahun 2022 ini. karena bulan Januari dan Agustus 2022 juga telah mengukuhkan para Guru Besar baru di UNP.

”Seiring perkembangan dan tuntutan zaman, peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia intelektual di Universitas Negeri Padang menjadi sebuah keniscayaan. Oleh karena itulah, kita sangat bersyukur dengan bertambahnya jumlah guru besar di kampus ini," kata dia.

Ia menjelaskan pengukuhan guru besar pada hari ini bukanlah hanya sebuah formalitas dari tradisi akademik di sebuah perguruan tinggi, tetapi bagi UNP memberikan makna positif dan penguatan bagi lembaga dalam menapaki jalan sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dengan disyahkan oleh Presiden RI melalui PP Nomor 114 Tahun 2021 tentang PTNBH Universitas Negeri Padang.

"Selain itu pengukuhan Guru Besar ini, juga memberikan kontribusi untuk pencapaian Indikator Kinerja Utama UNP dan World Class University, serta memberi nilai tambah untuk mempertahankan akreditasi UNP sebagai Perguruan Tinggi Unggul sejak awal tahun 2022 ini," kata dia.

Sementara Ketua Senat UNP Prof Sufyarma Marsidin mengatakan kelima orang guru besar yang dikukuhkan hari ini, sudah terbukti memiliki kompetensi yang telah diakui dalam bidang yang mereka geluti.

"Meskipun kelimanya berasal dari fakultas dan bidang kepakaran yang berbeda, namun kita semua meyakini, bahwa energi dan semangat baru dari mereka akan membentuk sinergi positif bagi perkembangan ke depan Universitas Negeri Padang," kata dia.

Upacara Pengukuhan Guru besar ini dihadiri seluruh anggota Senat Akademik UNP, Pimpinan Majelis Wali Amanat, Wakil Rektor, Sekretaris Universitas, Dekan dan Direktur Sekolah Pascasarjana, kepala lembaga dan badan, dan jajaran lainnya, serta keluarga besar para guru besar yang dikukuhkan