Nasi Kapau Agam juara dua makanan tradisional terpopuler API 2022

id nasi kapau, berita agam, berita sumbar

Nasi Kapau Agam juara dua makanan tradisional terpopuler API 2022

Bupati Agam Andri Warman sedang menerima penghargaan API. (Antara/HO-Kominfo)

Lubukbasung (ANTARA) - Nasi Kapau khas dari Nagari Kapau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat berhasil meraih juara dua makanan tradisional terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) pada 2022.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Agam Andri Warman yang hadir pada malam puncak Anugerah Pesona Indonesia 2022 di AAC Dayan Dawod USK Banda Aceh, Jumat (25/11) malam.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah memberikan kontribusi, sehingga menjadikan Nasi Kapau menjadi juara dua kategori makanan tradisional terpopuler," katanya di Lubukbasung, Sabtu.

Ia mengatakan, dukungan masyarakat tersebut atas vote dan SMS untuk Nasi Kapau dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia.

Dengan dukungan itu, sehingga Nasi Kapau masuk dalam kategori tiga besar dan berhasil meraih juara dua.

Ia menambahkan, pada kategori makanan tradisional terpopuler, juara pertama diraih oleh Lokan Badaruk dari Kabupaten Aceh Singkil, juara kedua Nasi Kapau.

Sedangkan juara ketiga diraih oleh Gula Puan dari Kabupaten Ogan Komerimg Ilir.

Prestasi tersebut dinilai berdasarkan hasil vote baik pada media youtube, facebook, instagram API Award 2022 ataupun melalui SMS ke 99386.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenparekraf RI merupakan kedua kalinya Agam mengikuti API.

Tahun sebelumnya Agam juga memperoleh peringkat dua kategori situs sejarah yang diraih oleh Museum Kelahiran Buya Hamka.

"Ini merupakan prestasi diraih Agam, karena dua kali meraih juara dua pada API ini," katanya.

Nasi kapau adalah adalah menu istimewa terdiri atas nasi, sambal, dan lauk pauk yang khas yaitu gulai cubadak (nangka), gulai cangcang (tulang-tulang dan daging sapi), gulai babek (bagian perut sapi) dan gulai tunjang (kulit, urat daging sapi).

Lauk lainnya adalah dendeng balado, dendeng lado hijau, randang, gulai ikan, goreng belut, goreng ayam serta lainnya.

Namun yang paling utama adalah gulai tambunsu, yaitu campuran telur dan tahu yang dimasukkan ke dalam usus sapi dengan rasa gurih dan sulit dilupakan lidah.