Menikmati Suguhan Nasi Kapau langsung dari Nagari asalnya di Agam

id Nasi Kapau

Menikmati Suguhan Nasi Kapau langsung dari Nagari asalnya di Agam

Nasi Kapau. (ANTARA/Al Fatah)

Lubuk Basung (ANTARA) - Nasi Kapau merupakan sebuah menu makanan spesifik dan khas dari sebuah nagari dengan nama yang sama di Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Berbeda dengan Nasi Padang yang banyak ditemui di seluruh daerah di Nusantara, Nasi Kapau lebih identik dengan suguhan kuliner khusus berupa makanan yang biasa dihidangkan dengan lauk bermacam dan dihidangkan bertingkat-tingkat di atas palung serta potongannya yang lebih besar.

"Kita yakin Nasi Kapau akan lebih dikenal masyarakat khususnya wisatawan dengan adanya niat dari warga asli Nagari Kapau yang akan segera dibangun di gerbang daerah tersebut," kata pelaku wisata, Muhammad Abdi di Bukittinggi, Minggu.

Ia mengatakan, Nagari Kapau yang bersebelahan dengan sebelah utara Kota Bukittinggi itu memiliki potensi wisata kuliner tak terbatas dan secara geografis dan kearifan lokalnya yang masih terjaga.

"Lapau Kapau yang akan segera diluncurkan beberap waktu lagi diharapkan mampu memenuhi kebutuhan wisatawan untuk mencicipi Nasi Spesifik Nasi Kapau langsung dari daerah asalnya," kata Abdi.

Sementara itu, Camat Tilatang Kamang Ade Herlian sangat mengapresiasi dan mendukung dengan perencanaan yang dilakukan.

"Saya optimis akan sukses, wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi Agam kita targetkan mendatangi Nagari Kapau, tentu saja segala persiapan akan disesuaikan," kata dia.

Menurutnya, Nasi Kapau yang akan disediakan di Lapau Kapau nantinya tetap disesuaikan dengan konsumen yang datang.

"Misalnya soal harga, kita berikan daftar harga yang mungkin disesuaikan dengan selera dan kemampuan ekonomis wisatawan yang datang, hingga semua kalangan bisa datang," kata dia.

Lapau Kapau milik Haji Andi Syahrandi direncanakan berdiri di gerbang Nagari Kapau dengan dikelilingi pemandangan persawahan yang segera di launching Desember nanti.**