Kemenparekraf Dorong Festival Pesona Minangkabau bertaraf internasional

id Kemenparekraf,Festival Pesona Minangkabau,budaya Minangkabau

Kemenparekraf Dorong Festival Pesona Minangkabau bertaraf internasional

Staf Ahli kreatif dan inovatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Joshua Puji Mulia Simanjuntak foto bersama Wakil Gubernur Audy Joynaldi, Bupati Tanah Datar Eka Putra, Wakil Bupati Richi Aprian dan Forkopimda Tanah Datar (Antara/Etri Saputra) 

Batusangkar (ANTARA) - Staf Ahli kreatif dan inovatif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Joshua Puji Mulia Simanjuntak mendorong Festival Pesona Minangkabau dikenal tidak saja hanya di Indonesia saja tapi juga dikenal di Internasional.

"Banyak potensi di Sumatera Barat ini, untuk itu dunia harus tahu. Salah satu caranya dengan membuat festival untuk menceritakan budaya Minangkabau ini," kata Joshua Puji Mulia Simanjuntak saat membuka Festival Pesona Minangkabau 2022 di Istano Basa Pagaruyung Kamis.

Ia mengatakan, tanah Minang memiliki potensi yang luar biasa yang sudah dikenal di dunia dengan masakannya randang Minang. Bahkan menurut Joshua, seorang chef ternama internasional Gordon Ramsey rela datang ke Tanah Datar untuk membuat masakan tersebut.

Ia menyebut, saat ini Indonesia berada peringkat 32 Travel dan Tourism Development Index (TTDI) mengungguli Thailand di peringkat 36, dan Malaysia di urutan 38.

"Artinya apa, sebenarnya yang ada di Indonesia ini dunia sudah melihatnya, tinggal bagaimana kita mengangkat event-event budaya yang ada disetiap daerah," katanya.

Ia mengatakan, Kemenparekraf RI juga sangat mengapresiasi Festival Pesona Minangkabau serta seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam mensukseskan program yang tergabung kedalam Kharisma Event Nusantara 2022.

"Yaitu program pemerintah pusat agar mendorong event-event yang ada di daerah menjadi event kelas dunia," katanya.

Sementara itu Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joynaldi mengatakan Kabupaten Tanah Datar sangat memiliki banyak potensi dan event wisata sehingga bisa meningkatkan kunjungan dan menggeliatkan ekonomi masyarakat setempat.

Salah satu program unggulan Kabupaten Tanah Datar adalah melalui program unggulan satu Nagari satu event dengan kunjungan ke setiap acara mencapai 8000 orang.

"Kami sangat mengapresiasi setinggi-tingginya semoga acara ini bisa viral dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Datar ini," kata Wagub.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Eka Putra, mengatakan Festival Pesona Minangkabau merupakan event budaya Minangkabau terbesar di Sumatera Barat.

Untuk Festival Pesona Minangkabau 2022 didukung sebanyak 600 orang penari yang akan menampilkan kekayaan seni pertunjukan, silek galombang, gandang tambua tansa, fashion show, randai, pameran stand, maupun kuliner dan UMKM di masing-masing Nagari, dan banyak lainnya.

Sektor pariwisata juga merupakan program unggulan Kabupaten Tanah Datar salah satunya melalui program satu Nagari satu event tujuannya memacu aktifnya sanggar Nagari dan meningkatkan kunjungan.

"Dan puncak dari satu Nagari satu event tersebut ditampilkan di Festival Pesona Minangkabau ini, Nagari terbaik pelaksanaan akan diberikan reward. Terimakasih kaki ucapkan kepada semua Nagari yang telah berpartisipasi," kata Bupati.

Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022