PLN UID Sumbar berdayakan UMKM RAP Hita, produksi gula aren kini meningkat pesat

id PLN, gula aren

PLN UID Sumbar berdayakan UMKM RAP Hita, produksi gula aren kini meningkat pesat

PLN UIW Sumbar berdayakan UMKM Hita untuk produksi gula aren di Pasaman. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat berkomitmen untuk mengembangkan potensi UMKM berbasis agribisnis melalui penyaluran program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) untuk Kelompok Tani RAP Hita di Kuraba Jorong Batang Tuhur Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman pada Selasa (1/11).

Dalam acara yang dihadiri oleh Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) simpang empat Dito Nusa Putra, Manager Bagian KSA UP3 Bukitinggi Wendi Fajrin, Camat Dua Koto Nofri Alex, serta Ketua Kelompok Tani RAP Hita Saiyo Pasaman, Ahmad Paisal tersebut PLN menyerahkan secara simbolis total bantuan sebesar Rp.37.515.000,-. Bantuan berupa penunjang sarana dan prasarana mulai dari perlengkapan dan peralatan produksi gula aren guna memudahkan produktivitas dan operasional Kelompok Tani RAP Hita.

General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho mengatakan kehadiran PLN ditengah UMKM Kelompok Tani RAP Hita adalah komitmen penuh untuk berperan aktif dalam menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM yang mendorong masyarakat untuk mandiri

“Harapan kami tentunya kehadiran PLN dapat bermanfaat bagi masyarakat dan UMKM untuk meningkatkan produktivitas dan operasional UMKM, sekaligus dapat menjalankan program pemerintah merawat dan melestarikan kembali hutan. UMKM RAP HITA harus semakin berkembang pesat, meningkatkan pemasaran melalui cara-cara yang efektif seperti melalui Rumah BUMN Pasaman yang dikelola PLN sehingga dapat menuju UMK yang Go Modern, Go Digital dan Go Online”, Ujar Eric.

Camat Dua Koto Nofri Alex dalam

Sambutannya mengucapkan terima kasih banyak sekaligus mengapresiasi upaya PLN dalam memberdayakan UMKM di lingkungannya.

“Terima Kasih banyak kepada PLN yang telah memberikan kontribusi kepada kelompok Tani serta masyarakat nagari cubadak dan lebih memberikan sumbangsih terbesar dari pembinaan/pelatihan, pengorganisasian, pengelolaan produksi serta memberdayakan masyarakat Nagari Cubadak agar lebih berkembang dan mampu bersaing di pasar lokal dan nasional,” imbuhnya.

Rasa syukur juga diungkapkan ketua kelompok Tani RAP Hita Saiyo, Faisal sebagai penerima bantuan program TJSL PLN UID Sumbar. Menurutnya sejak hadirnya PLN, kapasitas produksi usahanya semakin meningkat, bahkan menjadi 700-800kg/ perbulan dengan omzet perbulannya sekitar Rp.13.600.000. Meningkat hampir dua kali lipat dibandingkan sebelumnya.

“Seluruh anggota Kelompok Tani RAP Hita Saiyo sangat bersyukur dan berterima kasih atas kehadiran PLN di UMKM kami. Alhamdulillah omset semakin meningkat, kami juga mulai bisa menambah sdm dan inshaallah merambah ke pasar lain diluar Sumbar seperti Pekanbaru,Medan dan Jambi. Terima kasih PLN,” ucap Ahmad Faisal.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2022