Solok Selatan launching identitas kependudukan digital

id identitas kependudukan digital solsel,Berita solsel,Berita sumbar

Solok Selatan launching identitas kependudukan digital

petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Solok Selatan menunjukkan dan menjelaskan proses pengoperasian identitas kependudukan digital kepada Bupati Kabupaten itu Khairunas, di Padang Aro, Rabu. (Antara/HO/Diskominfo)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat resmi merilis Identitas kependudukan digital (digital ID) untuk mempermudah serta memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien untuk masyarakat.

Bupati Solok Selatan Khairunas, di Padang Aro, Rabu, mengatakan dengan digital ID akan mempermudah dan mempercepat pelayanan, dapat mencegah kebocoran data, data ganda, dan mengamankan identitas melalui sistem yang sudah disiapkan.

"Administrasi kependudukan merupakan salah satu urusan pemerintah yang strategis sehingga dengan adanya digital ID diharapkan mampu dan bisa memberikan pelayanan yang efektif, efisien, serta proporsional," katanya.

Dia berharap, dengan sudah dirilisnya identitas digital ini maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bisa melakukan percepatan perubahan untuk penerapannya.

Camat dan Nagari katanya, juga harus ikut membantu dalam menyosialisasikan di wilayah masing-masing sehingga cepat diketahui masyarakat.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Efi Yandri mengatakan digital ID ini ke depannya akan mempermudah masyarakat dalam melakukan identifikasi diri.

Selain itu, dari segi pemerintah akan lebih mudah dalam pengelolaan informasi dan administrasi kependudukan.

"Muaranya akan lebih mudah dalam pelayanan kepada masyarakat karena sudah menerapkan sistem digital," ujarnya.

Aplikasi identitas kependudukan digital dapat diunduh dari play store dengan persyaratan minimal gawai versi android 7.

Selain launching digital ID juga dilakukan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) yang diterbitkan Dukcapil kepada pelajar Sekolah Dasar.