Bupati Dharmasraya : Pilwana serentak berjalan aman

id Bupati Dharmasraya,Pilwana serentak dharmasraya,Berita Dharmasraya

Bupati Dharmasraya : Pilwana serentak berjalan aman

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama istri Ny Dewi Sutan Riska saat menggunakan hak pilih pada Pilwana tahun 2022, Kamis (20/10/2022). (ANTARA/HO-Kominfo/ Dharmasraya) 

Pulau Punjung (ANTARA) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyebutkan pelaksanaan Pemilihan wali nagari (Pilwana) di 43 nagari (desa adat) yang digelar Kamis (20/10) berjalan aman dan sukses.

"Alhamdulillah, hasil pengawasan panitia baik tingkat kabupaten maupun kecamatan, pilwana berlangsung lancar, aman dan kodusif. Walaupun ada kendala hanya masalah teknis, itu bukan karena ada gesekan antarcalon, dan itu dapat di selesaikan panitia tingkat nagari," katanya di Pulau Punjung, Jumat.

Ia mengatakan kontestasi Pilwana diikuti sebanyak 127 calon yang tersebar di 43 nagari yang menggelar Pilwana di tahun 2022. Berdasarkan rekapitulasi yang dihimpun panitia kabupaten partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya mencapai 70 persen.

Ia berharap gelaran pesta demokrasi Pilwana menghasilkan pemimpin berkualitas yang kemudian dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk menjadikan daerah itu ke arah yang lebih baik lagi.

Ia mengajak semua calon dan dan pendukung masing-masing calon untuk menyikapi hasil pemilihan dengan kepala dingin, jangan sampai kontestasi Pilwana menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

"Apapun hasilnya disikapi secara sederhana saja. Bagi yang menang jangan bereuporia berlebihan, dan bagi yang belum beruntung barangkali belum rezekinya. Serta apabila dirasa ada pelanggaran dalam penyelenggaraannya, agar disalurkan melalui mekanisme yang benar," ujarnya.

Ia menghimbau masyarakat untuk kembali mempererat tali persaudaraan dengan sesama. Karena sesungguhnya yang berkontestasi Pilwana maupun para pendukungnya sama-sama punya ikatan kekerabatan.

"Apabila selama proses demokrasi ini terjadi perselisihan, segeralah kembali ke suasana awal, memupuk kembali jalinan silaturahmi yang dalam masa pilwana ini barangkali sedikit renggang," ujarnya.

Pemkab Dharmasraya juga menyampaikan terimakasih kepada TNI dan Polri serta pihak terkait lainnya yang telah mendukung keamanan selama tahapan Pilwana berlangsung, kata dia

Ia menambahkan sesuai tahap pelantikan 43 wali nagari hasil pilwana akan digelar 8 Desember 2022. Bamus nagari juga telah menyampaikan calon walinagari terpilih kepada bupati hari ini.