457 peserta ikuti MTQ XI Kabupaten Dharmasraya

id mtq dharmasraya,sumbar

457 peserta ikuti MTQ XI Kabupaten Dharmasraya

Ajakan Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan untuk menyukseskan MTQ Dharmasraya 2022. (Antara/HO-Kominfo Dharmasraya)

Pulau Punjung (ANTARA) - Sebanyak 457 peserta akan mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XI Nasional tingkat Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) yang akan digelar 17 sampai 19 November 2022.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya, Sarbaini, di Pulau Punjung, Kamis, mengatakan jumlah tersebut berdasarkan data yang direkap panitia dari 11 kecamatan di daerah itu.

"Data yang masuk sampai hari ini mencapai 457 peserta, ditambah official jumlahnya bisa mencapai ribuan nantinya," katanya.

Ia mengatakan pembukaan MTQ rencana aka digelar Mimbar Utama tepatnya di Lapangan Sepak Bola Nagari Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh pada 17 November. Tema yang diangkat pada MTQ kali ini yakni "Qurani Membumi Generasi Berbudaya"

Menurut dia Kecamatan Padang Laweh sebagai tuan rumah bersama panitia terus mempersiapkan diri mulai sarana atau lokasi lomba hingga persiapan susunan acara yang hingga hari ini terus digodok panitia.

"Sesuai Intruksi pak bupati meminta OPD, camat, dan seluruh masyarakat Dharmasraya dapat menyukseskan MTQ tahun ini, dengan peran dan kerjanya masing-masing," katannya.

Ia mengatakan panitia telah menetapkan dewan hakim sebanyak 50 orang terdiri dari dewan kakim kabupaten sebanyak 35 orang, dan dewan hakim provinsi sebanyak 15 orang. Sementara untuk susunan acara dan lokasi lomba masih terus dipersiapkan panitia.

Ia menjelaskan MTQ XI akan ada 10 cabang yang dilombakan, diantaranya Cabang Tilawah, Cabang Tartil, Tahfidz, Fahmil Quran, Khattil Quran, Khutbah jumat dan Adzan,Musabaqah Syarhil Quan (MSQ), Kitab Standar,Bintang Qosidah, dan Karya Tulis Ilmiah Al-quran (KTIQ)

"Dari 10 cabang akan ada beberapa golongan atau kategori dari masing-masing cabang lomba," katanya.

Pemkab Dharmasraya berharap pelaksanaan MTQ 2022 dapat terselenggara secara meriah dan sukses dengan melibatkan seluruh masyarakat Kabupaten Dharmasraya, kata dia.

"Serta gelaran MTQ kali ini membawa pengaruh positif untuk masyarakat," tambah dia.