Pemkot Pariaman minta bantuan pemerintah pusat perbaiki dermaga apung

id Pemkot Pariaman,dermaga apung pariaman,Pulau Angso Duo,Berita Pariaman

Pemkot Pariaman minta bantuan pemerintah pusat perbaiki dermaga apung

Kondisi dermaga apung di Pulau Angso Duo, Kota Pariaman, Sumbar akibat cuaca buruk yang menerjang daerah itu pada awal Oktober. ANTARA/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat meminta bantuan pemerintah pusat untuk memperbaiki dermaga apung di Pulau Angso Duo yang rusak berat akibat kuatnya arus laut karena cuaca ekstrem yang terjadi awal Oktober 2022.

“Yang kami lakukan saat ini adalah menggaet dana dari pusat untuk memperbaikinya karena anggaran di daerah tidak cukup. Kami akan kumpulkan berkas dan dokumentasinya tentang kondisi terkini dermaga apung yang rusak ini," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pariaman Azman di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan dermaga tersebut harus diperbaiki segera karena berdampak pada kunjungan wisatawan ke pulau yang menjadi salah satu objek unggulan di kota tersebut.

Saat ini, lanjutnya wisatawan terpaksa naik dan turun kapal di tepi pantai sehingga dapat mengurangi kenyamanan wisatawan untuk datang ke Pulau Angso Duo.

Selain untuk wisatawan dermaga tersebut juga digunakan oleh nelayan untuk menyandarkan kapalnya ketika beristirahat atau bahkan ketika ombak laut tinggi.

Selain dermaga apung, kata dia tiga gazebo di pulau tersebut juga mengalami kerusakan akibat diterjang badai yang sering menerjang daerah itu dalam beberapa pekan terakhir.

Diketahui salah satu bagian dermaga apung tersebut rusak karena empat tiang penyangganya patah akibat kuatnya arus laut.

Karena tiangnya patah maka dermaga apung terlepas sehingga berakibat pada kerusakan penghubung antara dermaga apung itu dengan dermaga kaku. Saat ini dermaga apung itu diikat dengan dermaga apung lainnya agar tidak terbawa arus laut.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat bakal memperbaiki dermaga apung di Pulau Angso Duo yang rusak akibat kuatnya arus laut dan perbaikannya ditargetkan dikerjakan dalam bulan ini.

"Tiangnya patah empat, kami upayakan perbaikannya bulan ini apakah menggunakan dana bencana alam atau sumber lainnya karena ini menyangkut kunjungan wisatawan," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar di Pariaman.

Ia mengatakan target perbaikan tersebut diterapkan karena mengingat Pulau Angso Duo merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pariaman.

Ia menyampaikan jika tidak segera dilakukan perbaikan maka akan berdampak pada kerusakan tiang lainnya pada dermaga tersebut sehingga biaya yang dibutuhkan akan semakin besar.

"Jika dibiarkan bisa jadi hilang, padahal biaya pembangunannya besar bisa mencapai Rp4 miliar yang merupakan bantuan pemerintah pusat," katanya.