Pemkab Solok Selatan usulkan 3.289 UMKM terima BPUM

id UKM Solok Selatan ,diusulkan terima BPUM,berita solok selatan,berita sumbar

Pemkab Solok Selatan usulkan 3.289 UMKM terima BPUM

Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solok Selatan Azizah Mutia. (ANTARA/Erik IA)

Padang Aro, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mengusulkan 3.289 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) guna memperkuat usaha mereka.

"Sebanyak 3.289 data UMKM ini dikirim dalam tiga tahap dan setelah diverifikasi oleh Kementerian ada 2.292 UMKM datanya tidak valid sehingga dikembalikan pusat untuk diperbaiki," kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solok Selatan Azizah Mutia, di Padang Aro, Senin.

Dia menjelaskan, data UMKM yang diusulkan untuk memperoleh BPUM 2022 dimintakan ke Nagari sehingga mereka diminta memperbaiki lagi data yang tidak valid.

Pengusulan UMKM penerima BPUM katanya, dimintakan ke pemerintah terbawah yaitu Nagari supaya semua UMKM yang belum pernah mendapatkan bantuan ini bisa berkesempatan.

"Penerima BPUM 2022 memang diutamakan yang belum pernah memperoleh di tahun sebelumnya," ujarnya.

Dia mengatakan, pengusulan 3.289 UMKM menerima BPUM dilakukan tiga tahap dimana yang pertama sebanyak 1.880, tahap dua 993 dan tahap tiga 416 UMKM.

Pengusulan UMKM penerima BPUM dilakukan tiga tahap karena ada perpanjangan waktu oleh pemerintah pusat.

Pada 2021 pelaku UMKM di Kabupaten Solok Selatan mendapat BPUM sebanyak 8.768.

Pemerintah mendorong pelaku UKM untuk memanfaatkan bantuan BPUM untuk memperkuat usahanya sehingga bisa menambah pendapatan berkelanjutan.

"BPUM bertujuan untuk memajukan UKM secara berkelanjutan sehingga dananya harus dimanfaatkan untuk menguatkan usaha," ujarnya. (*)