Solok Selatan gandeng perusahaan kurangi angka pengangguran

id Pemkab Solok Selatan,Bupati Solok Selatan Khairunas,Berita Solok Selatan,Berita sumbar,pengangguran solsel

Solok Selatan gandeng perusahaan kurangi angka pengangguran

Bupati Solok Selatan Khairunas didampingi Kapolres Solok Selatan AKBP Arief Mukti Adhi Sabhara dan Sekretaris Daerah Syamsurizaldi saat memberikan keterangan kepada awak media, di Padang Aro, Kamis. Antara/ErikĀ 

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menggandeng perusahaan di daerah itu sebagai upaya untuk mengurangi angka penganggur.

"Kami menggandeng seluruh perusahaan yang ada di Solok Selatan untuk memprioritaskan putra daerah bekerja di perusahaan tersebut dan berjalan cukup efektif guna mengurangi pengangguran," kata Bupati Kabupaten itu Khairunas, di Padang Aro, Kamis.

Dia mengatakan, Pemkab Solok Selatan juga sudah menandatangani Momerandum Of Understanding (MoU) dengan perusahaan yang ada agar mengutamakan masyarakat setempat dalam menerima pekerja.

Dengan demikian katanya, maka peluang untuk masyarakat Solok Selatan bekerja akan lebih terbuka lagi.

Selain itu katanya, setiap perusahaan membutuhkan pekerja maka mereka akan menyurati Pemkab Solok Selatan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Selain itu katanya, juga memberikan pelatihan keterampilan kepada masyarakat Solok Selatan supaya bisa mandiri dan tidak terlalu berharap pada lowongan pekerjaan.

"Kami mendorong supaya masyarakat Solok Selatan terutama generasi muda untuk berwirausaha guna mengurangi angka penganguran sehingga tidak bergantung pada lowongan pekerjaan atau berharap jadi ASN," ujarnya.

Menurut dia, dengan bertambahnya penduduk maka akan semakin besar angkatan kerja dan timbul masalah ketersediaan lapangan kerja oleh sebab itu berwirausaha menjadi solusinya.

"Pertumbuhan angkatan kerja lebih cepat dibanding pertumbuhan lapangan kerja jadi masyarakat harus bisa mandiri dan menciptakan lapangan kerja sendiri," ujarnya.

Kalau untuk masalah permodalan katanya, sekarang ada subsidi bunga dari pemerintah untuk pinjaman.

Sedangkan untuk angka penganggur di Solok Selatan katanya, saat ini sekitar 10 orang yang menjadi tugas pemerintah mengatasinya.