Tim Pengabdian Masyarakat Kebidanan Unand perkuat peran bidan komunitas menuju kelurahan sehat

id berita padang, berita sumbar, pengabdian masyarakat

Tim Pengabdian Masyarakat Kebidanan  Unand perkuat peran bidan komunitas menuju kelurahan sehat

Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Profesi Bidan bersama Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. (Antara/HO-FK Unand)

Padang (ANTARA) - Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Profesi Bidan bersama Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang menggelar kegiatan pengabdian dengan memperkuat bidan komunitas menuju kelurahan sehat.

Pengabdian kepada Masyarakat dengan tema “Peran Bidan Komunitas Menuju Kelurahan Sehat dengan Masyarakat dan Generasi Sehat digelar pada Kamis 14 Juli 2022 di Masjid Ikhlas, RT 01 Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang.

Melalui pendekatan Kebidanan Komunitas dan Family Oriented Midwifery Education (FOME) didapatkan data permasalahan utama yang terjadi di masyarakat wilayah khususnya Batu Busuk.

Permasalahan tersebut yaitu kebersihan lingkungan berupa pengelolaan sampah yang kurang tepat dan pembuangan limbah di selokan/sungai, penyakit kulit yang banyak diderita oleh balita dan anak-anak serta masih kurangnya variasi dalam pemilihan jenis metode Keluarga Berencana (KB) oleh pasangan usia subur (PUS) yang terbatas pada pilihan metode KB Suntik dan Pil.

Sebagai intervensi, dilakukan berbagai rangkaian kegiatan untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan, diantaranya kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Lurah Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang Defriandi, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini dan menyampaikan setiap warga hendaknya memiliki kesadaran sendiri dan berperan aktif dalam mempraktikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari.

Bentuk PHBS yang dapat diterapkan di masyarakat, yaitu tidak BAB sembarangan, mencuci tangan dengan sabun menggunakan air bersih yang mengalir, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengolahan sampah rumah tangga dengan mengedepankan prinsip mengurangi, memakai ulang, dan mendaur ulang serta pengamanan limbah cair rumah tangga.

Sejalan dengan itu Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Rafika Oktova, S.ST, M.Keb mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan oleh 15 orang Mahasiswa program studi Pendidikan Profesi Bidan.

Adapyn dosen penanggung jawab Yulizawati, SST, M.Keb, Ulfa Farah Lisa, SST, M.Keb, Uliy Iffah, SST, M.Keb, Laila Rahmi, SST, M.Keb, Feri Anita Wijayanti, Bd, S.Keb, M.Mid, Dina Taufia, S.Tr.Keb, M.Keb, Hindun Mila Hudzaifah, M.Tr.Keb) serta juga melibatkan Preseptor lapangan dari Puskesmas Pauh, petugas dari Kelurahan dan Kader kesehatan kelurahan Lambung Bukit.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat, hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang datang dan berperan aktif selama rangkaian kegiatan dengan memberikan ataupun menjawab pertanyaan, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan efektif dan komunikatif.

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar karena adanya kerja sama yang baik antar semua pihak yang terlibat, salah satunya oleh pihak Puskesmas Pauh dengan pelaksanaan posyandu yang diadakan bersamaan dengan kegiatan penyuluhan sehingga makin menambah animo masyarakat untuk datang menghadiri kegiatan penyuluhan ini.

Kolaborasi yang apik untuk menyukseskan kegiatan ini juga terjalin dengan Organisasi amal Ahsan Care melalui program Ahsan Peduli Kesehatan (Apelkes).

Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Pendidikan Profesi Bidan bersama Program Studi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. (Antara/HO-FK Unand)


Bidan wilayah untuk Kelurahan Lambung Bukit Desi Delvita, mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan dapat mengoptimalkan tujuan bersama, meningkatkan kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga akan terbentuk kelurahan sehat dengan masyarakat dan generasi sehat.

Pada akhir kegiatan, melihat banyaknya anak-anak yang mengunjungi Kantor Lurah Lambung Bukit untuk mengakses fasilitas jaringan internet gratis, sebagai bentuk pemberdayaan dan tindak lanjut dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, terbentuk inisiatif untuk mengadakan pojok baca sebagai alternatif kegiatan bagi anak-anak kelurahan Lambung Bukit agar tidak terfokus pada gadget dan dapat menumbuhkan kebiasaan gemar membaca.

Pojok baca ini terlaksana berkat kerja sama dari semua pihak yang terlibat dan juga bantuan dari para donatur dalam bentuk buku dan uang. Semoga kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat terus berlanjut dengan adanya kepedulian bersama.