Peringatan 29 tahun ibukota Agam berikan motivasi pembangunan daerah

id Bupati Agam,Peringatan 29 tahun ibukota Agam,Berita agam,Berita sumbar

Peringatan 29 tahun ibukota Agam berikan motivasi pembangunan daerah

Upacara peringatan 29 tahun perpindahan ibukota ke Lubukbasung, Selasa (19/7). (Antara/HO-Dok Humas Pemkab Agam)

Lubukbasung (ANTARA) - Bupati Agam, Sumatera Barat Andri Warman berharap peringatan 29 tahun keberadaan ibukota kabupaten itu di Lubukbasung, dapat memberikan motivasi dan semangat bagi masyarakat untuk menjaga persatuan kesatuan dalam mendukung pembangunan daerah.

"Dengan semangat dan kebersamaan membangun daerah, diyakini kedepan Lubukbasung menjadi kota yang lebih maju, bermartabat dan bisa dibanggakan," katanya saat upacara peringatan 29 tahun perpindahan ibukota ke Lubukbasung, Selasa.

Ia mengatakan, keberlanjutan pembangunan sangat bergantung pada integritas program dengan kondisi eksisting yang ada saat ini.

Untuk itu, ia berharap pemerintah daerah dengan masyarakat saling berikan dukungan yang konstruktif, demi kemajuan Lubukbasung ke depan.

“Sudah 29 tahun kita membangun Lubukbasung sebagai ibukota Kabupaten Agam, selama itu pula telah terbukti bahwa dalam melaksanakan pembangunan perlu mempertimbangkan skala prioritas, estetika, tata ruang dan manfaat jangka panjang bagi masyarakat luas,” katanya.

Ia menambahkan, 19 Juli 1993 tercatat sebagai momen bersejarah bagi masyarakat Lubukbasung. Saat itu dijadikan sebagai ibukota Kabupaten Agam.

Ketika itu, secara de facto ibukota Agam dipindahkan dari Bukittinggi ke Lubukbasung.

Masih segar dalam ingatan, bahwa proses perpindahan ibukota ini tidak semudah dibayangkan. Namun, akhirnya Lubukbasung ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Agam.

"Hari ini, Selasa (19/7), kita bersama-sama merayakan dan peringati 29 tahun Lubukbasung sebagai ibukota Agam, sekaligus bentuk penghormatan terhadap sejarah ini,” katanya.

Pemkab Agam beri penghargaan pada keluarga tokoh masyarakat, yang berjasa atas perpindahan ibukota Agam dari Bukittinggi ke Lubukbasung.