Kelurahan Gulai Bancah wakili Sumbar di penilaian regional Sumatera

id Bukittinggi,Sumbar,kelurahan berprestasi

Kelurahan Gulai Bancah wakili Sumbar di penilaian regional Sumatera

Tim Provinsi bersama Lurah Kubu Gulai Bancah dan Sekda Bukittinggi. (Antara/Al Fatah))

Bukittinggi (ANTARA) - Kelurahan Gulai Bancah Kota Bukittinggi menjadi wakil Sumatera Barat dalam penilaian kelurahan berprestasi tingkat regional Sumatera usai berhasil menjadi yang terbaik di provinsi itu.

Lurah Kubu Gulai Bancah, Andri Gusfrima di Bukittinggi, Sabtu mengatakan Kelurahan Kubu Gulai Bancah berhasil meraih peringkat pertama lomba kelurahan berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat.

"Kami siap berjuang bersama masyarakat Gulai Bancah Bukittinggi untuk mendapatkan hasil terbaik dan juara nasional menjadi target kami. Hasil terbaik se-Sumbar ini adalah buah kerja keras seluruh warga," katanya.

Perlombaan Kelurahan Terbaik ini,lanjutnya dengan tema kebangkitan ekonomi kerakyatan setelah pandemi COVID-19 itu akan saling mempertemukan seluruh daerah terbaik mulai dari Pulau Sumatera di Regional hingga Nasional nantinya.

"Kami fokuskan mengedepankan satu potensi terbaik di Kubu Gulai Bancah sebagai senjata utama menghadapi perlombaan. Agenda penilaian untuk awalnya adalah pengiriman dokumen Agustus nanti ke pusat dan kami akan didampingi dari Tim Provinsi menghadapi perlombaan," katanya.

Kelurahan Kubu Gulai Bancah juga mempunyai produk unggulan seperti aneka sulaman, sentra makanan ringan, kerajinan akrilik dan aneka rajut.

"Juga ada dua pokdakan yang mengelola maggot, ikan lele, nila serta pembuatan arang dari batok kelapa, pengolahan sampah biodigester sehingga hanya sampah plastik yang dibuang," kata dia.

Surat Keputusan Pemenang Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Sumbar itu disampaikan langsung oleh Kepala Dinas PMD Sumbar kepada Wali Kota Bukittinggi yang diwakili Sekda Kota Bukittinggi. Martias Wanto.

"Kita bangga dengan hasil ini dan semua ini tak lepas dari dukungan penuh dan dorongan dari Bapak Wali Kota Bukittinggi, semoga juga berjaya di tingkat Regional dan kembali mengukir sejarah enam tahun silam," kata Sekda Kota Bukittinggi Martias Wanto.

Sebelumnya, pada 2016, Kelurahan Kubu Gulai Bancah, Bukittinggi juga menjadi pemenang dalam lomba kelurahan terbaik tingkat Sumbar hingga maju ke tingkat Regional Pulau Sumatera.