Indra Dt Rajo Lelo buka peluang maju di Pilgub Sumbar

id Dpw pan sumbar,Pemilu 2024,Pilkada 2024,Pilgub sumbar

Indra Dt Rajo Lelo buka peluang maju di Pilgub Sumbar

Ketua DPW PAN Sumatera Barat Indra Dt Rajo Lelo (ANTARA/ Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Indra Dt Rajo Lelo membuka peluang untuk maju sebagai calon gubernur atau wakil gubernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

"Kalau diperintah partai tentunya kita harus siap untuk maju," kata dia di Padang,Minggu.

Ia mengatakan Pilgub Sumbar masih lama dan saat ini fokus kepada Pemilu legislatif dahulu untuk memenangkan Pileg 2024 nanti.

"Kita persiapkan kader terbaik baik di tingkat kota kabupaten, provinsi dan DPR RI," kata dia.

Ia mengaku sampai saat ini masih membiarkan semuanya mengalir begitu saja dan membiarkan dinamika politik berjalan dan tentu ada persiapan yang akan dilakukan PAN Sumbar dalam menghadapi Pilgub Sumbar.

Indra menyebutkan jika ada yang lebih baik dari dirinya untuk maju di Pilgub Sumbar 2024 nanti maka ia mempersilahkan namun jika diperintahkan dirinya akan lebih siap lagi.

"Semua masih dinamis namun semua kemungkinan dapat terjadi," kata dia.

Dalam Pileg 2019, Partai Amanat Nasional Sumbar (PAN) Sumatera Barat mampu menempatkan tiga kadernya sebagai anggota DPR RI, 10 kursi di DPRD Sumbar dan mendudukkan dirinya sebagai Pimpinan DPRD Sumbar dan 74 kader di DPRD kota dan kabupaten di seluruh Sumbar.

Selain itu ada dua orang yang menduduki Ketua DPRD dan banyak duduk di posisi Wakil Ketua DPRD.

Sementara di Pilkada, ada tujuh kepala daerah yang merupakan kader PAN mulai dari Wali Kota Padang Hendri Septa, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Bupati Solok- Epyardi Asda, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Bupati Agam Andi Warman, Bupati Pasaman Hamsuardi dan Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hariansyah

Indra Dt Rajo Lelo dengan jabatan sebagai Ketua PAN Sumbar tentu peluang maju di Pilgub Sumbar terbuka lebar dan itu semua tergantung capaian partai tersebut dalam Pileg 2024 nantinya.

Sejumlah nama pun bermunculan untuk maju di Pilgub Sumbar mulai dari pasangan petahana Mahyeldi Ansharullah dan Audy Djoinaldy, Ketua Partai Demokrat Mulyadi, Ketua Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade, Ketua Partai Golkar Khairunnas dan lainnya.