PUAN Sumbar ditarget bantu perolehan suara PAN di Pemilu 2024

id Puan sumbar,Pan sumbar,Pemilu 2024,Pilkada 2024

PUAN Sumbar ditarget bantu perolehan suara PAN di Pemilu 2024

Ketua PUAN Sumbar Yuri Hadiah menerima pataka dari Ketua POK DPP PUAN Farah F Inggrid dalam Muswil PUAN Sumbar pada Minggu (3/7)

Padang (ANTARA) - DPP Perempuan Amanat Nasional (PUAN) menargetkan PUAN Sumatera Barat dapat membantu Partai Amanat Nasional (PAN) memperoleh suara di Pemilu 2024.

Ketua POK DPP PUAN Farah F Inggrid dalam Musyawarah Wilayah Puan Sumbar di Padang, Minggu mengatakan terbentuknya PUAN Sumbar di bawah Yuri Hadiah sebagai Ketua PUAN Sumbar 2021-2025 yang diharapkan mampu bergerak dan membantu Partai Amanat Nasional (PAN) dalam meraih suara.

Ia menjelaskan PUAN adalah sayap partai dari PAN yang bergerak di bidang perempuan baik itu perempuan milenial,ibu rumah tangga serta lintas profesi. Perempuan harus melek politik karena hanya perempuan memahami di bidang tertentu dan dapat menyuarakan melalui politik.

Selain itu dalam undang-undang pemilu mewajibkan 30 persen dari calon anggota legislatif yang diusulkan partai adalah perempuan dan ini yang akan dioptimalkan bersama karena bagian ini yang belum maksimal.

Dirinya menginginkan perempuan ini tak hanya sebagai pelengkap syarat partai untuk mencalonkan anggota DPRD baik kota kabupaten,provinsi maupun DPR RI.

"Kita berharap 30 persen yang diajukan ini benar-benar duduk dan menyampaikan aspirasi wanita nantinya di legislatif dan PUAN ini tempat mereka belajar berpolitik," kata dia.

Ia bersyukur pengurus PUAN Sumbar merupakan yang ke-28 di Indonesia telah dikukuhkan dan telah membuat DPD PUAN di 19 kota dan kabupaten di Sumbar.

"Kita memiliki harapan PUAN Sumbar akan mendampingi PAN di Sumbar untuk meraih suara rakyat," kata dia.

Ketua DPW PAN Sumatera Barat Indra Dt Rajo Lelo mengatakan pengukuhan ini sesuai amanah DPP PUAN pusat yang meminta sayap partai ini ada di tingkat provinsi dan kota serta kabupaten.

"Alhamdulillah hari ini kita lakukan Musyawarah Wilayah dan pengukuhan terhadap Ketua PUAN Sumbar Yuri Hadiah. Memang untuk Ketua PUAN ini melekat kepada istri Ketua DPW, Ketua DPD PAN dan hari ini sudah kita lantik,"kata dia.

Ia berharap PUAN Sumbar dapat bergerak dan tidak hanya sebagai pelengkap saja dalam pemilu nanti namun juga duduk di legislatif.

Pada saat ini persentase perempuan PAN di Sumbar ada satu orang di DPRD Sumbar dan diharapkan pada 2024 ada tiga orang perempuan yang duduk.

"Kita minta PUAN Sumbar menjadi bagian penting dalam pemenangan pemilu di Sumbar, bukan hanya pelengkap saja," kata dia.

Ketua PUAN Sumbar Yuri Hadiah mengatakan ini amanat dan perjuangan yang berat. PUAN Sumbar sempat vakum dan saat ini hendaknya dapat bangkit bersama dan berjuang memberikan kontribusi besar pada PAN Sumbar.

"Semoga kita menjadi patner strategis PAN Sumbar dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan kontribusi berupa perolehan suara maksimal dalam Pemilu 2024," kata dia.