PT Uni-Charm Indonesia luncurkan pembalut berbahan bio material

id Unicharm,Sumbar,Padang

PT Uni-Charm Indonesia luncurkan pembalut berbahan bio material

Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Yuji Ishii bersama Putri Lingkungan Indonesia 2020 Putu Ayu Saraswati saat peluncuran produk baru. (ANTARA/ HO PT Uni-Charm)

Padang (ANTARA) - PT Uni-Charm Indonesia meluncurkan pembalut yang dibuat menggunakan bahan bio material yang berasal dari tumbuhan tebu yang bertujuan mengurangi pengurangan plastik berbahan dasar minyak bumi.

Presiden Direktur PT Uni-Charm Indonesia Yuji Ishii dalam keterangan tertulis di Padang,Kamis mengatakan untuk meluncurkan pembalut menggunakan bio material pihaknya melakukan riset selama kurang lebih empat tahun.

Selain itu bekerja sama dengan badan riset dalam dan luar negeri untuk melakukan trial and error berulang kali dan hasilnya pihaknya berhasil meluncurkan Charm Herbal Ansept+ Bio yang top sheet yaitu bagian yang bersentuhan langsung dengan kulitnya menggunakan bio.

"Top sheet, back sheet, kemasan individual dan kemasan luar terbuat dari Bio Material berbahan dasar tebu dengan tekstur dan tampilan yang sama dengan Charm Herbal Ansept+ (Regular) yang mengandung lima herbal alami yaitu daun sirih, kunyit, manjakani, aloe vera dan jahe. Herbal ini memiliki fungsi pencegahan bau yang sama dengan Charm Herbal Ansept+ (Regular).

Menurut dia material yang dibuat dari saringan serat tebu dalam edisi terbatas. Selain itu, back sheet, kemasan individual dan kemasan luarnya juga menggunakan bio material. Upaya ini merupakan pertama kalinya bagi Unicharm Group, yang dianggap akan dapat berkontribusi pada pengurangan plastik berbahan dasar minyak bumi.

"Charm Herbal Ansept+ Bio yang diluncurkan kali ini sebagian materialnya berasal dari sumber daya yang dapat diperbarui dan berasal dari tumbuhan yaitu tebu," kata dia.

Selain itu, bio material juga digunakan pada bagian back sheet, sehingga dapat mengurangi penggunaan jumlah plastik berbahan dasar minyak bumi. Minyak mentah adalah bahan bakar fosil yang dihasilkan oleh perubahan kimia pada bangkai organisme hidup dari ratusan tahun yang lalu namun karena energi ini tidak dapat diperbarui, sehingga penggunaannya terbatas, dan diperkirakan dalam sekitar 50 tahun mendatang akan habis.

Sementara itu logo bio material dengan latar belakang bumi sehingga dapat langsung dipahami bahwa produk ini adalah produk yang ramah lingkungan, hanya dengan sekali lihat.

"Kami mengklaim kepada konsumen yang memiliki perhatian tinggi terhadap masalah lingkungan," kata dia.

Oleh karena itu, sebagai salah satu bentuk pelaksanaan slogan PT Uni-Charm Indonesia Tbk yaitu Ethical Living For SDGs yang berarti melakukan kebaikan kecil di dalam kehidupan sehari-hari, maka dilakukan upaya untuk membentuk lingkungan yang berkelanjutan dengan menggunakan sumber daya yang dapat diperbarui.

Sementara itu, Putri Lingkungan Indonesia 2020 Putu Ayu Saraswati mengatakan setiap kali bepergian ke tempat yang dekat, sedapat mungkin dirinya membiasakan diri untuk berjalan kaki. Ketika berbelanja pun saya menggunakan tas daur ulang.

"Dengan menerapkan kebaikan kecil di dalam kehidupan sehari-hari, akan memberikan manfaat bagi pelestarian lingkungan dan juga kesehatan diri saya” kata dia.

PT Uni-Charm Indonesia Tbk meluncurkan produk pembalut wanita Charm Herbal Ansept+ Bio pertama di Unicharm Group yang menggunakan bio material yang berasal dari tumbuhan tebu dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup se-Dunia.