BKKBN Sumbar sosialisasi advokasi dan KIE penanganan stunting

id Perwakilan BKKBN Sumbar adakan sosialisasi, advokasi dan KIE, penanganan stunting, bersama mitra kerja, di Danau Kembar

BKKBN Sumbar sosialisasi advokasi dan KIE penanganan stunting

Perwakilan BKKBN Sumbar adakan sosialisasi advokasi dan KIE penanganan stunting bersama mitra kerja di Danau KembarĀ (ANTARA/Laila Syafarud)

Arosuka (ANTARA) - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat mengadakan sosialisasi advokasi dan KIE penanganan stunting bersama mitra kerja di Kecamatan Danau Kembar, Kabupaten Solok.

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Fatmawati di Danau Kembar, Minggu mengatakan bahwa saat ini BKKBN Sumbar tengah berupaya menekan angka stunting yang ada di setiap daerah di Sumbar.

Selain itu, Perwakilan BKKBN Sumbar bekerja sama dengan seluruh pihak sebagai upaya untuk terus melakukan sosialisasi serta pendampingan terhadap masyarakat setempat.

"Kita mengadakan sosialisasi ini agar ada perubahan perilaku terhadap masyarakat, terutama masyarakat di Kecamatan Danau kembar yang terkenal sebagai daerah penghasil sayur di Sumatera Barat," ujar dia.

Selain melakukan sosialisasi ke masyarakat, Perwakilan BKKBN Sumbar juga melakukan intervensi potensi keluarga berisiko stunting berdasarkan pendataan keluarga.

Ia mengharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mengatasi dan mencegah stunting pada anak.

"Diharapkan juga para peserta sosialisasi yang hadir hari ini dapat menjadi perpanjangan tangan kami untuk menjelaskan pentingnya mengatasi stunting ke tetangga, keluarga atau sanak famili mereka," kata dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan BKKBN juga punya tim pendampingan keluarga yang akan mendampingi mulai dari calon pengantin, masa kehamilan hingga melahirkan anak sampai usia lima tahun, tujuannya agar tidak ada lagi lahir anak-anak berisiko stunting.

"Selain itu kami juga bekerja sama dengan forum rektor Indonesia untuk melakukan analisis situasi kejadian stunting. Untuk analisis tahap pertama dilakukan di masing wilayah, termasuk Solok," ujar dia.

Selain itu, ia menyebutkan salah satu penyebab stunting adalah karena sang ibu tidak memiliki akses terhadap makanan sehat dan bergizi, sehingga menyebabkan buah hatinya turut kekurangan nutrisi.

"Rendahnya asupan vitamin dan mineral yang dikonsumsi ibu juga bisa ikut mempengaruhi kondisi malnutrisi janin. Tentunya banyak penyebab lainnya yang harus diketahui tentang penyebab stunting," ujar dia.

Di samping itu, Anggota Komisi IX DPR RI Darul Siska sebagai mitra perwakilan BKKBN Sumbar mengatakan selain berkoordinasi dan bekerja sama juga dibutuhkan kesadaran dari masyarakat dalam upaya penanganan stunting.

Ia juga mengimbau seluruh masyarakat agar mencukupi segala aspek sebelum menikah, seperti mental, pendidikan yang matang, pengetahuan tentang berumah tangga, agar nantinya bisa melahirkan dan merawat anak dengan baik sehingga terhindar dari resiko stunting.

Selain itu, ia menambahkan juga dibutuhkan multisektor, butuh peranan-peranan berbagai pihak seperti pemerintah, pemangku adat, masyarakat dan lainnya, karena semua sektor memiliki tugas masing-masing.