Indonesia targetkan temukan solusi pemulihan ekonomi dunia pada WEF 2022

id WEF,mendag,WEF 2022 swis,pemulihan ekonomi dunia

Indonesia targetkan temukan solusi pemulihan ekonomi dunia pada WEF 2022

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/pras.

Jakarta, (ANTARA) - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyebutkan target Indonesia dalam World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos, Swiss, adalah menemukan solusi atas berbagai masalah global, yang sedang terjadi saat ini guna pemulihan ekonomi dunia.

"Kunjungan kerja ke Swiss untuk menghadiri WEF 2022 merupakan salah satu upaya kita untuk meningkatkan kerja sama perdagangan Indonesia, tidak hanya dengan mitra kerja pemerintah, tetapi juga pelaku usaha global," kata Lutfi lewat keterangannya, yang diterima di Jakarta, Selasa.

Mendag, yang telah bertolak ke Davos untuk menghadiri WEF itu, berharap melalui WEF 2022, dapat menemukan solusi untuk berbagai tantangan global yang dihadapi seperti pandemi global, perang Rusia-Ukraina, guncangan geoekonomi, hingga perubahan iklim.

Pertemuan tahunan itu akan berlangsung pada 22-26 Mei 2022. Mendag Lutfi dijadwalkan menghadiri sejumlah pertemuan termasuk dengan pelaku usaha global dari berbagai negara di dunia serta mempromosikan Presidensi G20 Indonesia.

Pertemuan tahunan WEF merupakan ajang bertemunya pemimpin dunia, pelaku bisnis, politisi, cendekia, dan media terpilih dari seluruh dunia. Dalam forum tersebut mereka akan saling bertukar pandangan untuk menyelesaikan permasalahan global sekaligus membuka peluang bisnis guna meningkatkan perdagangan dan investasi sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi.

WEF 2022 mengangkat tema "History at a Turning Point: Government Policies and Business Strategies". Pertemuan tahunan ini bertepatan dengan momen geopolitik dan geoekonomi terpenting selama tiga dekade terakhir dan latar belakang pandemi dalam satu abad.

Sempat ditunda penyelenggaraannya pada 2021 akibat pandemi COVID-19, kini WEF 2022 kembali digelar.

Menteri Lutfi juga dijadwalkan menghadiri sejumlah agenda dan pertemuan, di antaranya, menjadi panelis dan menyampaikan kata penutup pada sesi Country Strategy Dialogue on Indonesia.

Sejumlah isu yang akan dibahas pada Country Strategy Dialogue on Indonesia yaitu Presidensi G20 Indonesia; Trade, Investment, and Indsutry Working Group (TIIWG), Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023; serta ekonomi digital ASEAN.

Lutfi juga dijadwalkan untuk menghadiri ajang Indonesia Night yang digelar Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI di sela agenda WEF 2022.

Indonesia akan menunjukkan keramahan dan prospek bisnis dengan menyajikan sejumlah tarian tradisional, lagu-lagu daerah, hidangan nusantara; serta menampilkan informasi perkembangan investasi di Indonesia.

Di akhir kunjungan kerjanya, Mendag Lutfi dijadwalkan menjadi panelis pada sesi Assessing the Role of the Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) Trade Agreement.

Dalam kesempatan tersebut, Mendag akan membahas tentang Peran Persetujuan RCEP terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia, regional, dan dunia.