Pemkot Bukittinggi distribusikan bansos sembako dan BLT minyak goreng kepada 1.511 warga

id WakoBukittinggi ErmanSafar ,berita sumbar,berita bukittinggi

Pemkot Bukittinggi distribusikan bansos sembako dan BLT minyak goreng kepada 1.511 warga

Wako Bukittinggi Erman Safar saat menyalurkan bantuan ke warga. (Antara/Alfatah)

Bukittinggi, (ANTARA) - Pemkot Bukittinggi Sumatera Barat menyalurkan bantuan sosial sembako dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada 1.511 warga dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di daerah setempat, Rabu.

Bantuan diberikan kepada warga di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan yang merupakan penyaluran tahap II tahun 2022 yang diserahkan bertahap per kelurahan dan diberikan di Kantor Pos Bukittinggi.

Kepala Dinas Sosial Bukittinggi, Linda Faroza menjelaskan pendistribusian bantuan sosial hari ini merupakan hari terakhir penyaluran BPNT tahap II dan BLT minyak goreng tahap I yang diberikan Kemensos untuk tahun 2022 yang diberikan untuk bulan April, Mei dan Juni.

“Bantuan kita serahkan bertahap per kecamatan, hari ini terakhir kita berikan untuk warga Kecamatan Mandiangin Koto Selayan sebanyak 1.511 KPM, bantuan untuk minyak goreng Rp 100 ribu per bulan dan bantuan sembako Rp 200 ribuper bulan, Jadi untuk setiap KPM hari ini menerima Rp 900 ribu,” jelas Linda.

1.511 KPM di Kecamatan Mandiangin Koto Selayan ini terdiri dari 181 KPM di Kelurahan Puhun Pintu Kabun, 214 KPM di Kelurahan Puhun Tembok, 274 KPM di Kelurahan Campago Guguak Bulek, 266 KPM di Kelurahan Campago Ipuh, 61 KPM di Kelurahan Garegeh. Kemudian, 72 KPM di Kelurahan Koto Selayan, 127 KPM di Kelurahan Manggis Ganting, 163 KPM di Kelurahan Pulai Anak Air dan 153 di Kelurahan Kubu Gulai Bancah.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan dua jenis bantuan ini, merupakan bantuan dari Kementrian Sosial, BPNT diberikan untuk tahap II sedangkan untuk BLT minyak goreng, merupakan tahap I yang diberikan pemerintah pusat hingga bisa membantu warga yang sedang terkendala akibat kenaikan minyak goreng.

“Total, bantuan ini kita berikan pada 3.144 KPM di Bukittinggi, 621 KPM di Kecamatan ABTB, 1012 KPM di Kecamatan Guguak Panjang dan terakhir hari ini sebanyak 1.511 KPM di Kecamatan MKS,” ujar Erman Safar.

Wako menjelaskan bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap masyarakat, Pemkot Bukittinggi berikan DTKS ke Kemensos dan pemerintah pusat yang menyeleksi yang akan menerima bantuan ini.

Walikota berharap, bantuan ini dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan dari masyarakat.

“Bantuan ini harus diberikan kepada warga yang benar benar membutuhkan, bukan untuk menjadi bahan untuk jualan, harus menjadi bahan untuk memasak kebutuhan di rumah, belikan untuk sembako dan minyak goreng, bantuan ini jangan sampai digunakan untuk yang lain, kebutuhan pokok harus dipenuhi melalui bantuan ini,” ujar Erman.

Pendistribusian bantuan kali ini juga dihadiri Ketua TP PKK Bukittinggi, Ny. Fiona Agyta juga hadir lurah se-Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. (*)