PII Sumbar siap bantu percepatan pembangunan di Sumbar

id berita padang,berita sumbar,ppi

PII Sumbar siap bantu percepatan pembangunan di Sumbar

Pelaksanaan rapat kerja PII Sumbar periode 2022-2024. (Antarasumbar/HO-PII Sumbar)

Di sini peran insinyur bisa  melakukan verifikasi dan peningkatan produk hasil pertanian seperti durian, manggis, mangga, pokat yang perlu dilakukan pengembangan,
Padang (ANTARA) - Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Wilayah Sumatera Barat (Sumbar) siap membantu dan bersinergi dengan pemerintah daerah di provinsi ini dalam rangka mempercepat pertumbuhan pembangunan daerah setempat ke depan.

“Kami dari PII akan memberi masukan dan saran secara teknis kepada pemerintah provinsi sehingga bisa membantu mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, kata Ketua PII Wilayah Sumbar, Nasirman Chan di Padang, Rabu, usai rapat perdana kepengurusan 2022-2024.

Nasirman menyampaikan salah satu sektor yang perlu mendapatkan perhatian adalah pertanian karena memiliki potensi besar sebagai penopang Pendapatan Domestik Regional Bruto tertinggi di Sumbar.

“Di sini peran insinyur bisa melakukan verifikasi dan peningkatan produk hasil pertanian seperti durian, manggis, mangga, pokat yang perlu dilakukan pengembangan,” katanya.

Ia menyampaikan pengembangan dilakukan dengan melakukan pembibitan bersertifikat buah asal Sumbar.

“Setelah disertifikasi menjadi bibit unggul lalu disebar ke masyarakat agar warga bisa menikmati durian asal Sumbar, katanya.

Pada sisi pembangunan infrastruktur, PII Sumbar juga akan membantu pemerintah daerah terkait pembangunan jalan Tol Padang-Pekanbaru yang kini terhenti, dengan melakukan sosialisasi pada masyarakat dan membantu pembebasan lahan.

Ia berharap PII Wilayah Sumbar bisa bersinergi dengan pemerintah, baik daerah maupun provinsi, dan para tokoh lainnya untuk turun ke lapangan membantu percepatan pertumbuhan pembangunan Sumbar.

Nasirman menambahkan saat ini ada tiga komponen yang berada di kepengurusan PII Sumbar periode 2022-2024 yaitu akademisi, profesi dan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Ia berharap melalui kolaborasi tiga komponen tersebut dapat membantu dan bersinergi Pemerintah Provinsi Sumbar, demi percepatan, pertumbuhan dan pembangun di Ranah Minang.

"Dengan keahlian yang dimiliki mulai dari teknik sipil, teknik elektro, lingkungan dan arsitektur, kami siap mendorong visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur di lapangan, mulai dari mediasi untuk memberikan masukan dan saran dengan instansi terkait," ujarnya.

Sementara Sekretaris PII Sumbar, Fakhrizal menambahkan pihaknya terus mendorong kegiatan infrastruktur di Sumbar.

"Disamping itu, PII akan terus berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas para insinyur di Sumbar," kata dia.