Posyantek Pasaman Barat juara 1 lomba teknologi tepat guna

id Posyantek Karya Mandiri

Posyantek Pasaman Barat juara 1 lomba teknologi tepat guna

Posyantek Karya Mandiri Kapa Pasaman Barat tengah memproduksi pupuk organik dan teknologi tepat guna lainnya. ANTARA/Altas

Simpang Empat,- (ANTARA) - Pos pelayanan teknologi (Posyantek) Karya Mandiri Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat meraih peringkat pertama dalam ajang lomba teknologi tepat guna tingkat provinsi tahun 2021.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Pasaman Barat Randy Hendrawan di Simpang Empat, Selasa menilai Posyantek Karya Mandiri bisa menciptakan teknologi berdaya guna bagi masyarakat.

"Berdasarkan surat dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumbar nomor 414.5/976/DPMD/ 2021 disebutkan bahwa Posyantek Karya Mandiri Kapa meraih juara pertama se-Sumbar dengan nilai 702,67 " katanya.

Menyusul kemudian, Posyantek Bakisa Tanah Datar peringkat II dengan nilai 660,22 dan peringkat III Posyantek Maruna Padang Panjang dengan nilai 620,20.

Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa berdiri sejak 4 April 2016 melalui musyawarah Nagari Kapa. .Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa mempunyai lahan peternakan dan berbagai tempat yang bisa dibuat untuk instalasi biogas dan juga mempunyai tempat pelatihan bagi masyarakat. mulai dari mahasiswa, anak sekolah, dan SMK yang magang.

Teknologi yang dihasilkan Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa diantaranya teknologi tepat guna alat pengujian unsur hara tanah, mesin peralatan pembuat pakan ternak, dan alat pembakaran arang.

Selain itu juga alat inovasi, diantaranya alat instalasi biogas, alat pencacah rumput dan alat multifungsi. Kemudian kegiatan pelatihan posyantek, pengolahan limbah ternak menjadi pupuk organik, pelatihan pengelolaan budi daya ikan air tawar dan pembuatan pakan ternak.

Lebih jauh Randy mengucapkan terima kasih kepada tim Posyantek Karya Mandiri yang telah berkontribusi kepada masyarakat sekitar dalam pengembangan teknologi tepat guna.

Hal itu untuk mempercepat alih teknologi dari sumber kepada pengguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi UMKM. Pada akhirnya mampu meningkatkan daya saing produk serta menyejahterakan masyarakat.

Ia berharap Posyantek Karya Mandiri terus berprestasi karena sudah banyak berbuat untuk masyarakat.

Sementara itu, Pj Wali Nagari Kapa Edi Hartono mengatakan bahwa Posyantek Karya Mandiri Nagari Kapa telah mengharumkan nama Pasaman Barat dan Nagari Kapa.

Melalui teknologi tepat guna tersebut pihaknya akan memanfaatkan sumber daya yang ada di nagari, termasuk Posyantek Karya Mandiri.

"Saat ini Posyantek Karya Mandiri sudah menghasilkan 10 ton pupuk organik sebulan. Jika ada bantuan alat dari pemerintah pusat atau Dana Alokasi Khusus (DAK) maka akan dikembangkan lebih luas serta bisa membuka lapangan pekerjaan," katanya.

Menurutnya pupuk organik yang dihasilkan dari kotoran sapi tersebut bisa digunakan untuk tanaman sawit, jagung dan tanaman lainnya.

"Kita berharap Posyantek Karya Mandiri Kapa bisa mempertahankan prestasi yang telah diraih. Karena mempertahankan itu juga sulit dari mendapatkan. Prestasi itu juga diharapkan bisa menjadi contoh bagi yang lainnya," harapnya.