Tingkatkan kompetensi, 24.941 pencari kerja Pasaman Barat peroleh kartu Pra Kerja

id Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat Armen,program Pra Kerja,berita pasaman barat,berita sumbar,Kemenaker RI

Tingkatkan kompetensi, 24.941 pencari kerja Pasaman Barat peroleh kartu Pra Kerja

Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat Armen. (Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Sebanyak 24.941 orang di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat memperoleh kartu Pra Kerja dari Kementerian Tenaga Kerja dengan memperoleh insentif dan pelatihan sesuai minat dan bakat.

"Program Pra Kerja ini merupakan program Kemenaker RI dalam rangka meningkatkan kompetensi para pencari kerja," kata Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat Armen di Simpang Empat, Selasa.

Ia mengatakan 24.941 orang itu telah memperoleh insentif Rp2.400.000 yang dikirim ke rekening masing-masing dan memperoleh pelatihan secara online sesuai minat dan bakat.

Menurutnya program kartu Pra Kerja adalah program pengembangan kompetensi yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja atau butuh yang terkena pemutusan hubungan kerja dan atau pekerja buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

"Sangat banyak manfaatnya apalagi peserta dibekali pelatihan dan memperoleh sertifikat untuk digunakan nanti saat mencari pekerjaan," katanya.

Hingga saat ini, katanya pendaftaran untuk program Pra Kerja masih dibuka melalui www.prakerja.go.id sehingga bagi masyarakat yang ingin mendaftar masih dibuka peluang.

Dalam program itu Kemenaker bekerja sama dengan bukalapak, karier.mu, Qintaria, mau belajar apa dan pihar mahir.

"Sangat bagus untuk diikuti karena mendapat materi pelatihan dari pihak kompeten, apalagi juga memperoleh uang insentif," ujarnya.

Pihaknya melalui petugas di nagari atau desa juga memberikan panduan untuk mendaftar melalui email peserta yang ikut.

"Pasaman Barat memperoleh peringkat kedua tertinggi di Sumbar yang lolos Pra Kerja setelah Kota Padang sebanyak 58.653 orang. Mudah-mudahan ke depannya semakin bertambah," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan itu bisa meningkatkan kemampuan para pencari kerja dan nanti dapat pekerjaan sesuai bakat dan minatnya. (*)